logo mahkamah agung website ramah difable

SOSIAL KEMASYARAKATAN

KOMUNIKASI SOSIAL
KORAMIL 03 / SERENGAN DENGAN KOMPONEN MASYARAKAT
TEMA
"BERSAMA RAKYAT MEWUJUDKAN NKRI BERDAULAT DAN SEJAHTERA"

Surakarta, 18 April 2018

Hari ini Ketua Pengadilan Agama Surakarta yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Perencanaan, TI dan Pelaporan menghadiri undangan dari Koramil 03/ Serengan bekerjasama dengan Kecamatan Serengan dan Polsek Serengan dalam acara Komunikasi Sosial dengan Masyarakat se-Kecamatan Serengan. Acara dilaksanakan di Kantor Kecamatan Serengan yang berlokasi tepat di sebelah Kantor Pengadilan Agama Surakarta, dimulai pukul 19.30 dan ditutup pukul 22.00. Dalam acara ini diisi oleh materi yang disampaikan oleh Danramil 03 Serengan, Kapten Inf. Subandi. Sebelum itu acara dibuka oleh sambutan dari Camat Serengan dan Wakapolres Serengan. Dalam sambutannya bapak Camat mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada tamu undangan yang terdiri dari perwakilan Instansi pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, Pengusaha, pengamat politik dan budaya. Beliau mengatakan senang atas terselenggaranya acara ini, karena diharapkan nanti dapat diketahui aspirasi masyarakat khususnya wilayah kecamatan Serengan. Selanjutnya sambutan dari Wakapolsek dimana beliau menghimbau kepada masyarakat agar ekstra berhati-hati dalam keseharian, karena dijaman sekarang ini makin banyak modus-modus kejahatan baru, terencana dan terkoordinir oleh pihak-pihak yang mencari keuntungan sendiri. Contohnya kejahatan di lalu lintas, penjambretan dll, kejahatan melalui sosial media, dan kejahatan oleh orang terdekat kita sendiri.

Memasuki acara inti yaitu pemaparan materi oleh Kapten Inf. Subandi yang bertema "Bersama Rakyat Mewujudkan NKRI Berdaulat dan Sejahtera". Dalam pemaparannya ada beberapa hal yang menarik untuk dijadikan referensi kita, yaitu bagaimana pelaksanaan Bela Negara itu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya tanggung jawab TNI/Polri tetapi seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya yang berprofesi sebagai militer tetapi seluruh profesi dapat melaksanakan Bela Negara sesuai keahliannya masing-masing. Diakhir materi narasumber memberikan kesempatan kepada hadirin untuk memberikan masukan, saran maupun kritik yang nantinya dapat digunakan sebagai pertimbangan pemerintah dalam menyusun kebijakan-kebijakan publik.
Salah satu hadirin mengeluhkan masalah pelayanan pembuatan SIM baru di kota Surakarta, bahkan beredar informasi bahwa kemungkinan lulus tes mengemudi kendaraan bermotor sangat kecil, sehingga banyak warga Solo yang mencari SIM di luar kota Solo. Selanjutnya ada tokoh masyarakat yang menyampaikan kondisi moral masyarakat yang menurun, khususnya di lingkungan kost-kostan, banyak digunakan sebagai tempat mesum dan transaksi narkoba. Kritik dan saran selanjutnya langsung ditampung dan ditanggapi oleh Danramil 03 bergantian dengan Camat dan Wakapolsek Serengan. Beliau bertiga berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat malam ini kepada pihak pemerintah yang berwenang.

Sebuah renungan yang dikutip dari Westminster Abber (1100 M) disampaikan sebagai penutup acara malam ini. "Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin merubah dunia, seiring bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tak kunjung berubah. Maka cita-cita itupun agak kupersempit, lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku, namun nampaknya hasrat itupun tiada hasilnya. Ketikan usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku..... tetapi celakanya merekapun tidak mau diubah !!! Dan kini sementara berbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba kusadari.... Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku, maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku.... Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka bisa jadi akupun mampu memperbaiki negeriku. Kemudian siapa tahu, aku bahkan bisa mengubah dunia.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi