logo mahkamah agung website ramah difable

KULTUM

JANGAN TENGGELAM DALAM RIYA'

oleh Drs. H. Achmadi, SH, MH

Surakarta, 22 Mei 2018

Ibadah seperti apa yang akan diterima Allah SWT sebagai amalan baik kita? pertanyaan seperti itu sering muncul manakala kita merasa telah banyak dan cukup beribadah. YM Drs. H. Achmadi, SH.,MH yang berkesempatan memberikan kuliah singkat siang ini mengingatkan kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Surakarta agar berhati-hati dalam beribadah. Mengapa demikian? karena ibadah yang akan diterima Allah SWT adalah ibadah yang didasari keikhlasan, ketulusan tanpa sedikitpun Riya' didalamnya. Apa itu Riya'? riya' adalah melakukan sesuatu kebaikan bukan berniat karena Allah tetapi karena manusia, contohnya ingin dipuji oleh orang lain sebagai ahli ibadah, atau saat memberi sedekah diceritakan kepada orang lain agar dinilai dermawan, dll. Riya' termasuk dosa syirik yang terkecil, sifat ini juga bisa menjerumuskan kita kepada sifat Ujub dan Takabur sehingga merusak nilai ibadah itu sendiri.

Selanjutnya bagaimana menjaga hati kita agar jauh dari sifat Riya'? Mulailah dari lingkungan terkecil yaitu keluarga. Menjaga hati antara suami istri, kepada orang tua, kepada anak-anak, kepada saudara dan kepada tetangga. Karena hati yang sholehlah yang akan menggerakkan raga kita melakukan ibadah dengan baik, menjauhkan diri dari penyakit hati, suka membenci dan menyimpan dendam, dan hati yang sholeh inilah nantinya akan diberikan ganjaran syurga oleh Allah SWT. Semoga kita termasuk pemilik hati yang sholeh, Aamiin ya rabbalalamin.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi