logo mahkamah agung website ramah difable

KUNJUNGAN KERJA

DEKAN IAIN SURAKARTA BERKUNJUNG

KE PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Surakarta, 19 Juli 2018

Setelah pagi tadi menerima kunjungan dari Tim Analis Badan Peradilan Agama, siang ini Ketua Pengadilan Agama Surakarta, Drs. Bahruddin, MH berkenan menerima kunjungan kehormatan dari Dekan IAIN Surakarta Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Dr. Imam Mujahid, S.Ag, M.Pd. Kedatangan Dekan IAIN dan rombongan ini bertujuan untuk brainstorming mengenai regulasi dan proses berperkara di Pengadilan Agama, terutama kasus perceraian. Perbincangan yang terkesan santai namun berbobot ini berlangsung hingga menjelang waktu Ashar. Beberapa hal seperti proses mediasi dibahas dengan detail, bagaimana sebuah kasus perceraian yang rumit dapat diselesaikan melalui jalur mediasi dan para pihak akhirnya berdamai dan rujuk kembali. Memang diakui oleh kedua belah pihak bahwa ada hal-hal yang berbeda antara materi diperkuliahan dengan kenyataan yang terjadi di Pengadilan Agama, mengapa demikian? Ketua Pengadilan Agama berpendapat karena hal ini berkaitan dengan perasaan manusia, yang sulit diketahui dan sulit dibakukan seperti teori-teori matematika, sehingga penanganannya pun berbeda untuk masing-masing individu. Kerja keras para Hakim untuk menggali permasalahan rumah tangga serta kecerdikan mengambil celah dari perasaan manusia dan hukum negara yang berlaku agar setiap kasus perceraian tidak selalu harus berakhir dengan dikeluarkannya Akta Cerai.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi