logo mahkamah agung website ramah difable

FGD

UJI PUBLIK STANDAR PELAYANAN

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA SURAKARTA

Surakarta, 24 Juli 2018

Pengadilan Agama sebagai salah satu stakeholders Pemerintah Kota Surakarta khususnya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil hari ini ikut menghadiri uji publik Standar Pelayanan Penerbitan Dokumen Kependudukan. Forum ini bertempat di Ruang Rapat Lt.1 Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dimulai pukul 09.30 sampai dengan pukul 11.30. Beberapa instansi yang juga hadir antara lain perwakilan dari Dinas Sosial, Pengadilan Negeri Surakarta, Yayasan Pemeliharaan Anak dan Balita Permata Hati, RS. Kasih Ibu, RS. Kustati, Yayasan Kakak dan Perkumpulan Gereja Surakarta. 

Standar pelayanan penerbitan dokumen kependudukan yang dijadikan andalan pelayanan publik Disdukcapil terus menerus ditingkatkan, Dispendukcapil membebaskan seluruh biaya pengurusan dokumen kependudukan, sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri RI nomor 19 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Layanan Administrasi Kependudukan. Waktu pelayanan juga ditingkatkan, mulai 1 hari kerja (paling lama 24 jam) hingga paling lama 7 hari kerja. Layanan seperti Penerbitan KK, KTP-el, Surat Keterangan Pindah, Akta Kelahiran, Akta Perkawinan dan Akta Kematian dilayani 1 hari kerja, dengan ketentuan persyaratan lengkap, jaringan data daerah dengan pusat (data online) lancar dan diurus sendiri oleh ybs tanpa diwakilkan. Sedangkan penerbitan kedua dan seterusnya atas Akta Pencatatan sipil dilayani paling lambat 7 hari kerja. Dispendukcapil juga melayani pertanyaan dan pengaduan oleh masyarakat melalui sms center 08575579500, website : http://dispendukcapil.surakarta.go.id dan jejaring sosial seperti facebook, twitter dan instagram. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Selanjutnya setelah seluruh standar pelayanan disampaikan kepada stakeholders yang terkait dan dilaksanakan tanya jawab mengenai kendala-kendala yang dihadapi dilapangan oleh setiap stakeholders berkaitan dengan standar pelayanan ini maka acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara uji publik atas standar pelayanan penerbitan dokumen kependudukan Dispendukcapil Kota Surakarta.

 

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi