pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Bahas Akta Kelahiran, Badilag-PEKKA Selenggarakan Semiloka

Jakarta l Badilag.net

Ditjen Badilag bersama dengan LSM Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) akan menyelenggarakan seminar dan lokakarya bertajuk “Pemenuhan Akta Kelahiran Sebagai Wujud Pemenuhan Hak Asasi Manusia”. Kegiatan yang disokong oleh Australia-Indonesia Partnership for Justice (AIPJ) itu akan digelar di Jakarta, 10-13 Desember 2012.

Seminar akan diikuti oleh sekitar 125 orang. Mereka berasal dari berbagai instansi pusat dan daerah, termasuk media massa. Sementara itu, lokakarya akan dihadiri oleh sekitar 80 orang, yang merupakan perwakilan dari pengadilan negeri, pengadilan agama, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta perwakilan PEKKA.

 

Peserta dari peradilan agama berjumlah 25 orang, dengan rincian 22 laki-laki dan tiga perempuan. Mereka berasal dari 18 wilayah. Mayoritas adalah ketua PA.

Sebelum seminar, Ketua MA Hatta Ali diagendakan memberikan keynote speech. Setelah itu acara dilanjutkan dengan talkshow dengan narasumber Direktur Hukum dan HAM Bappenas Diani Sadiawati, Dirjen Badilum Cicut Sutiarso, Sekretaris Ditjen Badilag Farid Ismail dan narasumber dari Kemendagri.

Setelah makan siang, acara dilanjutkan dengan berbagi pengalaman. Tiga praktisi akan menjadi narasumber. Mereka adalah Ketua PN Stabat Diah Sulastri Dewi, Ketua PA Karawang Rokhanah dan mantan Dirjen Badilag sekaligus konsultan AIPJ Wahyu Widiana. Esok harinya, para peserta akan melakukan lokakarya.

Berdasarkan kerangka acuan yang disusun PEKKA, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk membagi strategi bersama antara peradilan umum, peradilan agama, Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil, serta pencari keadilan dalam mengimplementasikan SEMA Nomor 6 Tahun 2012 dan SE Mendagri Nomor 427.11/3647/SJ mengenai Akta Kelahiran.

Mengutip data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, PEKKA mengungkapkan bahwa anak Indonesia yang berusia di bawah 5 tahun yang memiliki akta kelahiran kurang dari 50 %. Ini mengakibatkan Indonesia menjadi negara yang jumlah pencatatan kelahirannya terendah di dunia.

Data ini diperkuat hasil penelitian PEKKA pada tahun 2007-2009. Hasil penelitian itu menunjukkan, 56 % anak anggota PEKKA yang disurvei tidak memiliki akta kelahiran. Di Aceh, bahkan 87 % anak anggota PEKKA tidak punya akta kelahiran.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya jumlah anak yang memiliki sertifikat kelahiran. Menurut PEKKA, pernikahan tidak tercatat atau kawin sirri turut menjadi alasan rendahnya pencatatan kelahiran. Ini karena anak yang dilahirkan di luar perkawinan yang disahkan oleh negara hanya tercatat sebagai anak ibu. Masyarakatpun ragu mencatatkan kelahiran anak mereka.

(hermansyah)

 

 

 

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi