pasurakarta

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H

MINAL AIDIN WAL FAIZIN

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
MINAL AIDIN WAL FAIZIN

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

“…PUTUSAN HARUS BISA DIBACA, DIPAHAMI DAN DIMENGERTI…”


dsc04397_800x600

Semarang|pta-semarang.go.id (03/04/13)

Drs. H. Wildan Suyuthi ., S.H., M.H., Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengigatkan kembali kepada para Hakim Pengadilan Agama bahwa para hakim saat ini sudah berada dalam posisi yang lebih baik dengan berhembusnya angin segar yang dibawa PP nomor: 94 tahun 2012 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim yang Berada di Bawah Mahkamah Agung. Hal ini membawa konsekuensi logis, yaitu tuntutan adanya peningkatan profesionalosme. Apapun upaya yang dilakukan, output dan outcome nya adalah putusan sebagai hasil kinerja yang merupakan buah pengalaman panjang dari kecerdikan hakim. Putusan itu diambil bukan hanya untuk kepentingan hakim itu sendiri, hakim judec factii (Hakim Pengadilan Tingkat Banding)  maupun judec yuris (Hakim Agung) tetapi yang lebih penting adalah untuk kepentingan pencari keadilan. “ Oleh karena itu putusan harus bisa dibaca, dipahami dan dimengerti (oleh pencari keadilan) kenapa aku dikalahkan, kenapa aku dimenangkan,” demikian diingatkan oleh Wildan Suyuthi.Salah satu tujuan dari pelatihan dan workshop ini adalah untuk meningkatkan profesionalitas hakim dalam membuat putusan. Pada saat membuat putusan para hakim harus mencurahkan seluruh potensi dan kemampuan yuridisnya. Sehingga output yang berupa putusan juga mempunyai outcome, mempunyai manfaat bagi mayarakat pencari keadilan. “putusan harus runtut, obyektif, argumentatif, faktual, konkrit sehingga tidak ada celah lagi untuk mencari kelemahannya. Itulah yang saya harapkan dari Anda,” demikian harapan besar Wildan Suyuthi M. terhadap para Hakim Peradilan Agama di Jawa Tengah.

dsc04401_800x600

 

dsc04409_800x600

 

Pada akhir sambutannya Wildan Suyuthi M. berharap agar para Hakim Pengadilan Agama di Jawa Tengah bisa ikut memberikan kontribusinya dalam mewujutkan Peradilan yang Agung melalui putusan-putusan yang diambilnya. “Jadikan pelatihan dan workshop ini sebagai pembuka cakrawala, jadilah Hakim yang benar-benar Hakim, bukan hakim-hakiman,” demikian dipesankan Wildan Suyuthi dalam sambutannya sesaat sebelum menutup acara dengan resmi. Pada siang hari ini Jum’at, 3 Mei 2013 acara Workshop Teknis Yustisial dan Ekonomi Syariah bagi Hakim Pengadilan Agama se Wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang Dalam Rangka Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Peradilan  yang dimulai tanggal 1 Mei 2013 yang lalu, secara resmi ditutup oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang. (f&n).

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi