pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Mantan Ketua MIT Surakarta: Hakim Sekarang Harus Banyak Bersyukur

 

Surakarta׀pa-surakarta.go.id(20/6/2013)

 

Mantan Ketua Mahkamah Islam Tinggi (MIT) Surakarta, Drs. H. Thoyib Mangkupranoto mengingatkan dan menasihati hakim sekarang harus banyak bersyukur. Hal demikian ia sampaikan saat menerima kunjungan silaturrahmi Ketua Pengadilan Agama (PA) Surakarta, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. yang didampingi oleh H. Abu Jahid Darso Atmojo (calon hakim), H. Fahrurrozi (calon hakim) dan Suyanto (staf) di kediamannya Jalan KH. Samanhudi No. 129 Surakarta, Rabu (19/6/2013).

Nasihat itu bermula dari pertanyaan mantan orang nomor satu di Peradilan Agama Wilayah Hukum Jawa dan Madura, yang biasa disapa Mbah Thoyib tentang perkembangan PA sekarang. Ia mengkonfirmasi berita yang didengar dari media seputar kenaikan gaji hakim. “Apa betul gaji hakim sekarang 30 juta?” tanyanya kepada Drs. H. Ma’muri, SH., MSI.

“Oh, itu gaji hakim tingkat banding, Pak,” jawab Drs. H. Ma’muri, SH., MSI.

“Terus berapa gaji Saudara?” tanya Mbah Thoyib lagi.

“Alhamdulillah, di atas 20-an juta,” jawab suami dari Dra. DH. Widyaningsih (Panmud Hukum PA Purwokerto) itu sambil tersenyum malu karena tidak mengira akan ditanya soal gaji.

Mantan Ketua PTA Surabaya pertama kali (tahun 1987-1992) itu menilai gaji hakim sekarang sangat besar. Ia membandingkan dengan gajinya sebagai Ketua MIT tahun 80-an yang hanya Rp 1.000 (seribu rupiah) per bulan dan dibayarkan setahun sekali. “Hakim sekarang harus bersyukur dengan gaji yang besar itu,” pesannya.

“Jangan lupa zakat!” lanjutnya. Mbah Thoyib mengingatkan, dengan gaji sebesar itu, zakat mal yang harus dikeluarkan hakim juga besar.

“Jadilah orang yang jujur, disiplin masuk kantor dan jangan korupsi,” pesannya lagi.

Mbah Thoyib lalu menunjuk kaligrafi yang terpampang di dinding atas rumah. Ia membacakan ayat “Hadza min Fadhli Robbi...” (Surat An-Naml : Ayat 40) yang mengabadikan kisah Nabi Sulaiman ketika melihat singgasananya dihadirkan di hadapannya, kemudian putra Nabi Daud itu berkata, “ini termasuk karunia Tuhanku untuk menguji aku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri”.

Tak henti-hentinya, Mbah Thoyib berpesan agar selalu bersyukur. “Saya lihat PTA Yogyakarta sekarang gedungnya megah. Gedung-gedung PA sekarang bagus-bagus. Dulu saya berangkat ke kantor dengan menaiki becak. MIT tidak mempunyai mobil dinas. Bangunan kantor pun seadanya, bahkan ada yang bekas kuburan seperti PA Surakarta,” ujar Mantan Ketua PTA Yogyakarta kedua (tahun 1995-1999) berkaca-kaca.

Meskipun Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. sudah pernah mendengar sebagian cerita Mbah Thoyib tentang kondisi PA masa lalu yang mengenaskan, ia tetap semangat dan antusias untuk mendengarkannya lagi. Baginya, cerita-cerita masa lalu layak didengar oleh generasi sekarang biar tidak lupa diri, sesuai pesan Bung Karno, “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah” (disingkat JAS MERAH).

“Kita sekarang tinggal menikmati. Dulu yang berjuang menghidupkan PA, yang berdarah-darah ya orang-orang seperti Mbah Thoyib ini. Maka, jangan lupa dengan beliau!” pesan Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. kepada dua calon hakim yang menyertainya dalam kunjungan itu.

Sebelum berpamitan, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. mendoakan Mbah Thoyib yang kini berusia 78 tahun semoga selalu dikaruniai kesehatan dan panjang umur. Ia mengatakan, akan terus menjalin silaturrahmi kepada senior-senior yang telah berjasa memperjuangkan PA, termasuk kepada Mbah Thoyib. Kunjungan siang itu berlangsung sekitar 45 menit yang memanfaatkan jam istirahat kantor dan merupakan kunjungan ketiga kalinya sejak Mantan Wakil Ketua PA Pamekasan itu berkantor di Jl. Veteran No. 273 Surakarta, Desember 2012.

Berdiri dari kiri: KH. Mursidi (Hakim Honor MIT dan Mantan Ketua PA Surakarta), KH. Jamaluddin (Hakim Honor MIT dan Mantan Ketua MIT), Drs. H. Thoyib Mangkupranoto (Ketua MIT), KH. Musani (Hakim Honor MIT) dan KH. Rizqon Zaed (Panitera MIT yang di kemudian hari menjabat Ketua PA Sukoharjo). Foto di teras MIT Surakarta sekitar tahun 1982 (Dok. Thoyib Mangkupranoto).

 

Shalat Dzuhur di bekas MIT

Dalam perjalanan pulang dari rumah Mbah Thoyib, rombongan PA Surakarta singgah di bekas MIT, depan Plaza Sriwedari Jln. Slamet Riyadi Surakarta guna melaksanakan shalat dzuhur. Selepas shalat, mereka mengamat-amati bekas kantor Mbah Thoyib itu.

Menurut cerita Mbah Thoyib, setelah MIT dibubarkan tahun 1987, ia ditanya oleh Menteri Agama Munawir Sjadzali tentang nasib bekas bangunan itu. Mbah Thoyib mengusulkan agar tempat itu dijadikan masjid, karena di sepanjang Jalan Slamet Riyadi tidak ada masjid, sementara gereja berdiri di sana-sini. Usulan itu pun disepakati pemerintah.

Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. sempat tertegun di depan bangunan cagar budaya itu. Ia ingat peristiwa tahun 1985 ketika ia menginjakkan kaki di MIT untuk mendaftar sebagai CPNS. Di tempat itulah untuk pertama kalinya, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. bertemu Mbah Thoyib sebagai sarjana baru lulusan Fakultas Syariah IAIN Yogyakarta yang sedang melamar pekerjaan  di MIT. Ternyata setelah 28 tahun berkarir, Allah menakdirkannya kembali bertemu Mbah Thoyib dalam kedudukan sebagai Ketua PA Surakarta. (fahr)

Di halaman bekas MIT Surakarta (Dok. PA Surakarta).

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi