pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

KPTA Semarang Nasihati Cakim PA Surakarta di Rumah Sakit

 

Surakarta׀pa-surakarta.go.id(12/7/2013)

 

Meskipun berbaring di Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta, KPTA Semarang, Drs. H. Wildan Suyuthi, SH., MH., tak tampak seperti orang sakit. Pertemuan kurang lebih 1 jam dengan beberapa calon hakim (cakim) PA Surakarta, Kamis (11/7/2013), justru diwarnai penuh canda tawa. Orang nomor satu di lingkungan peradilan agama se-Jawa Tengah itu banyak bicara menceritakan pengalamannya selama menjadi hakim. Termasuk memberi nasihat kepada para cakim yang sebentar lagi diangkat menjadi hakim.

Drs. H. Wildan Suyuthi, SH., MH. yang akrab disapa Pak Wildan, memang bukan orang asing bagi para cakim. Sebelum berkantor di Jalan Hanoman No. 18 Semarang, ia telah dikenal dengan baik oleh para cakim. Sebab, beberapa kali ia telah bertemu dan kenal dengan para cakim saat pendidikan dan pembekalan cakim di Megamendung. Di mata para cakim PA Surakarta, Pak Wildan tidak hanya seorang KPTA, lebih dari itu juga dipandang sebagai guru, bapak dan teman.

Sesaat setelah memasuki Ruangan Wisnu F di lantai 5 rumah sakit yang terletak di Jalan Slamet Riyadi No. 404 Surakarta, para cakim disentakkan dengan pemandangan di atas ranjang Pak Wildan. Bagaimana tidak! Biasanya tempat tidur pasien steril dari alat-alat tulis yang mengganggu istirahat. Namun, di sebelah Pak Wildan berbaring malah ada laptop dan draft disertasi.

“Bapak sakit kok bawa laptop, nulis disertasi. Wah, ini harus difoto,” komentar salah seorang cakim, Fahrurrozi kepada Pak Wildan. Kontan saja komentar itu menyulut tawa seisi ruangan.

“Itulah. Bapak ini tidak bisa diam saja. Meskipun sakit ya tetap baca nulis. Apalagi dikejar disertasi,” jawab istri Pak Wildan.

“Ini pesan terselubung Pak Wildan bagi kita yang sehat. Pak Wildan yang sakit saja masih mau membaca dan menulis. Harusnya kita lebih giat lagi,” sambung cakim yang lain, Fahmi Hamzah Rifai.

Perbincangan hangat dan seru siang itu sempat terhenti ketika dokter dan perawat meminta waktu sebentar untuk memeriksa kondisi Pak Wildan. “Ini murid-murid saya, Dok,” kata Pak Wildan memperkenalkan para cakim kepada tenaga medis itu.

Sebagai mantan Kepala Badan Litbat Diklat MA, Pak Wildan mengetahui adanya sistem pendidikan baru yang diberlakukan para cakim sekarang. Yaitu, diklat di Megamendung selama 2 minggu dilanjutkan magang di PA Magang selama 5 bulan, lalu kembali ke diklat selama 3 bulan, kemudian magang selama 6 bulan, kembali lagi ke diklat selama 3 bulan dan terakhir magang selama 6 bulan. Masa pendidikan yang meliputi diklat dan magang, berlangsung selama 2 tahun. Pada tanggal 12 Juni 2013 yang lalu, para cakim telah diwisuda kelulusan oleh Ketua MA, Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH. Hari-hari ini mereka tinggal menghitung hari.

Selain menanyakan sejauhmana proses pengusulan menjadi hakim, Pak Wildan juga mengingatkan dan menasihati para cakim untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya sampai tiba waktunya dilantik menjadi hakim. “Dari sekarang harus ditanamkan tekad yang kuat, untuk tidak tergoda dengan uang pemberian para pihak yang beperkara,” pesannya.

“Pegawai negeri boleh saja kaya, tapi cara yang ditempuh harus halal dan tidak melanggar aturan,” imbuhnya. Pak Wildan lantas mengajarkan kiat-kiat mengumpulkan uang yang halal dan tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Setelah berbincang-bincang kesana-kemari, pertemuan murid dengan guru itu tak terasa sudah berlangsung selama 1 jam. Sebagai orang yang sudah banyak makan garam, Pak Wildan banyak memberikan nasihat kepada anak-anak muda itu, yang tak lama lagi akan bergabung di korps pengadil. Para cakim pun tanpa sungkan dan malu mengajukan pertanyaan atau komentar. Suasananya betul-betul cair. Tidak ada sekat antara kedua belah pihak. Padahal secara administrasi kepegawaian, jarak antara keduanya terbentang cukup jauh. Pihak yang pertama golongan IVe dan pihak yang kedua golongan IIIa.

“Jadi, Bapak ini sebenarnya sakit apa?” tanya Achmad Iftauddin menjelang pamitan, yang mengundang tawa Pak Wildan, istrinya dan para cakim. Cakim PA Surakarta asal Demak itu baru menanyakan perihal sakit Pak Wildan di menit-menit terakhir sebelum pulang, karena dari awal mantan KPTA Bengkuluitu tak terlihat seperti orang sakit.

Menjawab pertanyaan tersebut, istri Pak Wildan menjelaskan bahwa mantan Sekretaris Umum PP Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) itu kecapekan setelah menjalani aktivitas yang cukup padat baik di kantor maupun di luar kantor. Termasuk melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci baru-baru ini dan juga mengebut penyelesaian disertasi di Unisba Bandung.

“Ini untuk pertama kalinya saya sakit di rumah sakit. Semoga ini menjadi yang terakhir,” harap pria kelahiran Banyuwangi, 66 tahun yang lalu.

Sebelum beranjak dari ruang perawatan, para cakim menyampaikan terima kasih kepada Pak Wildan atas nasihat-nasihatnya dan mendoakan segera pulih seperti semula. “Mudah-mudahan Bapak selalu sehat dan panjang umur, sehingga bisa terus mengabdi untuk bangsa dan negara, khususnya untuk peradilan agama,” kata Abu Jahid Darso Atmojo memimpin doa.

Kunjungan besuk para cakim PA Surakarta siang itu melengkapi kunjungan para hakim dan pegawai PA-PA se-Jawa Tengah sebelumnya. Di hari yang sama, kemarin, beberapa hakim dan pegawai PA Surakarta juga kembali membesuk Pak Wildan. Semua datang untuk menunjukkan kepedulian, simpati dan rasa memiliki, serta mendoakan supaya mantan Ketua PA Surakarta itu lekas sembuh sehingga dapat beraktivitas seperti biasa. (fahr)

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi