pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Ketua PA Surakarta Ajak Peserta Upacara HUT RI Mendoakan Mesir

 

Surakarta׀pa-surakarta.go.id(17/8/2013)

 

Ketua PA Surakarta, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. mengajak peserta upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke-68, Sabtu (17/8/2013) untuk mendoakan Mesir yang sedang dilanda krisis.

“Mesir adalah negara pertama di dunia yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Ketika negara itu sekarang sedang ditimpa musibah, marilah kita doakan semoga badai segera berlalu,” kata Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. di hadapan seluruh hakim dan pegawai PA Surakarta.

“Kita tidak mau ikut campur urusan dalam negeri suatu negara. Kita hanya mendoakan semoga Mesir segera menemukan solusi yang terbaik,” imbuhnya.

Dalam sambutan selaku inspektur upacara di halaman PA Surakarta Jl. Veteran No. 273 Surakarta, awalnya Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. menceritakan perjuangan para pahlawan bangsa dalam mengusir kaum penjajah dari bumi nusantara. Meskipun Bung Karno dan Bung Hatta berhasil memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, bukan berarti perjuangan telah usai.

Proklamasi kemerdekaan saja tidak cukup menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, tetapi harus mendapat pengakuan dari dunia internasional. Hanya selang beberapa minggu setelah proklamasi, penjajah datang lagi dan mengklaim Indonesia masih menjadi bagian dari jajahannya. Perlawanan rakyat pun terjadi di mana-mana.

Sementara di dalam negeri rakyat mengangkat senjata melakukan perlawanan fisik, para pemuda dan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di Mesir memainkan peran diplomasi. Anak-anak muda itu dengan gigih mendekati pemimpin Liga Arab dan Mesir dengan mengatakan bahwa di tempat yang jauh di sana ada negeri muslim yang sedang mengulurkan tangan memohon bantuan.

Setelah melalui proses yang panjang, akhirnya Mesir tercatat sebagai negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, negara pertama yang mengirim utusan ke Indonesia di tengah-tengah blokade penjajah dan negara pertama yang menandatangani penjanjian persahabatan dengan Indonesia.

Orang nomor wahid di PA Surakarta itu menguraikan sejarah perjuangan kemerdekaan dengan maksud agar generasi sekarang tidak lupa diri dan selalu ingat dengan pengorbanan dan jasa para leluhurnya, termasuk jasa pihak lain seperti Mesir. Bung Karno berpesan, “Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah” (disingkat JAS MERAH).Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

Lebih lanjut, ia mengingatkan para hakim dan pegawai sebagai warga negara untuk mensyukuri karunia Allah berupa kemerdekaan yang sudah berumur 68 tahun. “Sekarang ini kita hidup bahagia. Sudah merdeka, tidak perlu memanggul senjata. Bisa makan enak dan tidur nyenyak. Maka jangan lupa bersyukur,” pesan alumnus Pascasarjana UII Yogyakarta Jurusan Hukum Bisnis Syariah itu.

Syukur itu, menurutnya, bisa diwujudkan dengan menjadi abdi negara yang baik. “Bekerja dengan baik, disiplin masuk kantor, rajin dan bersemangat tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan, serta mendukung program-program Mahkamah Agung demi terwujudnya badan peradilan indonesia yangagung,” tandasnya.

Di bagian akhir dari sambutannya, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. menyampaikan terima kasih kepada seluruh keluarga besar PA Surakarta, dari hakim sampai honorer, atas segala pengabdiannya. Ia juga berdoa, mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita proklamasi, yaitu Negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur. (fahr)

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi