pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Hakim dan Pegawai PA Surakarta Hadiri Halal Bihalal di Boyolali

 

Surakarta׀pa-surakarta.go.id(23/8/2013)

 

Kamis (22/8/2013), Ketua PA Surakarta, Drs. H. Ma’muri, SH., MSI. beserta segenap hakim dan pegawai menghadiri halal bihalal di Boyolali. Halal bihalal tersebut merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh warga PA se-Koordinatorat Wilayah VI Surakarta atau se-Solo Raya. Istilah Solo Raya adalah sebutan bagi kawasan bekas Karesidenan Surakarta yang mencakup Surakarta, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Karanganyar, Boyolali dan Klaten.

Bertempat di Restoran Semar Resto, halal bihalal juga dihadiri oleh Ketua PTA Semarang, Drs. H. Wildan Suyuthi, SH., MH., dan beberapa pejabat dari PTA Semarang lainnya seperti Wakil Ketua Drs. HM. Said Munji, SH., MH. dan Panitera/Sekretaris H. Tri Haryono, SH.yang masing-masing disertai istri.

Acara dimulai sekitar pukul 09.45. Seusai pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran, Ketua  Koordinator Wilayah VI Surakarta, Drs. H. Ahmad Akhsin, SH., MH. menyampaikan sambutan atas nama penyelenggara acara yang intinya mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh hakim dan karyawan PA se-Koordinatorat Wilayah VI Surakarta.

“Halal bihalal ini memperkuat kesan yang selama ini terbangun di PTA Semarang, bahwa wilayah VI Surakarta adalah wilayah yang kondusif. Di tempat ini, kita bisa menyaksikan kebersamaan, keakraban dan kekompakan seluruh aparatur PA, dari mulai hakim sampai honorer. Semoga ke depannya, suasana seperti ini terus terjaga,” lanjutnya.

Bukan kali ini saja warga PA se-Solo Raya menggelar halal bihalal yang dihadiri seluruh hakim dan pegawai. Bahkan, dalam album foto di kediaman Mantan Ketua Mahkamah Islam Tinggi (MIT) Surakarta, Drs. H. Thoyib mangkupranoto, ditemukan foto halal bihalal keluarga besar PA se-Karesidenan Surakarta tanggal 3 Mei 1959.

Pada sesi mau’idhah hasanah, Drs. HM. Said Munji, SH., MH. mengupas panjang lebar tentang makna ramadhan dan syawwal, tujuan disyariatkannya puasa, arti idul fitri dan maksud dari ucapan “Minal Aidin wal Faizin” serta tujuan diselenggarakannya halal bihalal.

“Halal bihalal adalah produk bangsa Indonesia. Di Arab Saudi yang kita jadikan kiblat saja tidak ada halal bihalal. Begitu selesai shalat Id, di sana tidak ada acara lagi,” terangnya.

“Syawwal artinya peningkatan. Setelah dibakar selama Ramadhan, diharapkan amalan-amalan saleh manusia dapat meningkat,” imbuhnya lagi.

Lebih lanjut, orang nomor dua di lingkungan PTA Semarang itu mengungkapkan fakta kesenjangan antara ibadah dengan perilaku. Dalam hal puasa, menurutnya, orang-orang yang sudah tua atau lanjut usia, seharusnya semakin bertakwa atau ketakwaannya melebihi daripada yang muda-muda karena semakin tua berarti semakin banyak puasa yang ia jalani. Namun faktanya tidak demikian.

Ia kemudian menyinggung soal haji. Bayar haji tahun ini, baru bisa berangkat tahun 2020-an. Ini artinya, antrian haji sangat banyak. Semua orang berlomba-lomba ingin haji. Namun, rupanya haji tak menjamin orang untuk tidak korupsi. Berapa banyak pejabat di negeri ini yang telah melaksanakan ibadah haji, tetapi korupsi tetap jalan terus.

Sekarang ini, tambah Drs. HM. Said Munji, SH., MH., bangsa Indonesia dihadapkan dengan persoalan serius, yaitu mengenai akhlak. Amar makruf nahi munkar, diplesetkan menjadi amar makruf nyambi munkar.

Ia mengajak warga PA untuk senantiasa menjaga ketakwaan sebagaimana itu menjadi tujuan dari puasa. Menurutnya, orang yang bertakwa adalah orang yang mampu mengembangkan dirinya untuk menyesuaikan diri dengan kehendak Allah.

Sebagai acara pamungkas, Ketua PTA Semarang, Drs. H. Wildan Suyuthi, SH., MH, menyampaikan sambutan pembinaan. Di bagian awal sambutannya, ia mengungkapkan rasa bangganya bisa hadir di tengah-tengah warga PA se-Solo Raya.

“Saya bangga bisa berada di tempat ini. Sebab separoh pengabdian hidup saya berada di Solo,” ujar Mantan Ketua PA Wonogiri dan PA Surakarta itu.

Orang nomor wahid di PTA Semarang itu lalu mengurai tema halal bihalal, yaitu “Dengan Silaturrahmi Idul Fitri 1 Syawal 1434 H. Kita Tingkatkan Pelayanan Publik Guna Mewujudkan Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung RI”.

Reformasi birokrasi, menurutnya, merupakan perubahan besar dalam paradigma tata kelola pemerintahan atau tata kelola peradilan bagi warga peradilan. Ia menggambarkan suasana reformasi saat ini yang menuntut pelayanan prima kepada masyarakat.

“Masalah kecil saja sekarang ini, bisa dilaporkan ke mana-mana, ke MA, KY, Presiden, DPR bahkan seandainya Tuhan diketahui alamatnya, pastilah juga dilaporkan kepada Tuhan,” ungkapnya.

“Kita ini sedang berlari cepat, maka bagi hakim dan pegawai yang tak sanggup berlari cepat silakan minggir saja, karena bisa mengganggu dan menghalangi laju kawan-kawan yang lain,” imbuhnya.

Lembaga peradilan saat ini terus melakukan perubahan menuju tatanan yang lebih baik. Perubahan sudah menjadi keniscayaan. Siapa yang tidak siap dengan perubahan maka bersiap-siaplah digilas oleh perubahan itu sendiri.

Drs. H. Wildan Suyuthi, SH., MH. sempat mengutip firman Allah dalam Surat An-Nahl : 92, yang artinya, “Janganlah kamu seperti seorang perempuan yang menguraikan benangnya yang sudah dipintal dengan kuat, menjadi cerai berai kembali…” Maksudnya, janganlah warga peradilan merusak lembaganya sendiri yang sudah ditata dan direformasi sedemikian rupa, baik melalui perkataan dan perbuatan sehingga lembaga ini menjadi rusak atau kembali dalam keadaan sebelum direformasi.

Ia berharap kepada seluruh warga PA di wilayah Solo Raya agar menjaga nama baik PA dan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Ia mengingatkan bahwa bekerja adalah ibadah, karena itu tidak boleh bermalas-malasan atau seenaknya. (fahr)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi