pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H

MINAL AIDIN WAL FAIZIN

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
MINAL AIDIN WAL FAIZIN

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Dirjen Badilag Nasihati Cakim PA Surakarta agar Berlapang Dada

 

Surakarta׀pa-surakarta.go.id(18/9/2013)

 

Dirjen Badilag Purwosusilo menasihati para calon hakim (cakim) PA Surakarta agar berlapang dada dan ikhlas menerima penempatan tugas. Nasihat itu disampaikan Dirjen Badilag pada Rabu siang (18/9/2013) di sela-sela kegiatan Bimtek Kompetensi Calon Panitera Pengganti yang diselenggarakan Badilag di The Sunan Hotel Solo.

Lebih lanjut, orang nomor satu di lingkungan Ditjen Badilag itu menginformasikan bahwa Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengangkatan cakim PA Angkatan VI menjadi hakim sudah turun dan akan segera ditindaklanjuti dengan rapat TPM. “Insyaallah, dalam bulan September 2013 ini sudah selesai dan siap berangkat ke tempat tugas,” ujarnya.

Dirjen Purwosusilo menegaskan bahwa untuk menentukan tempat tugas, yang dijadikan patokan adalah ranking. “Seperti yang seringkali saya sampaikan saat diklat, ranking sangat menentukan. Badilag tinggal melihat PA mana saja yang kekurangan hakim, lalu menentukan posisi cakim di PA mana berdasarkan ranking,” jelasnya.

Untuk diketahui, di PA Surakarta terdapat 10 cakim yang magang sejak 11 April 2011. Mereka adalah Achmad Iftauddin (asal Demak), Abu Jahid Darsoatmojo (asal Sleman), Fahmi Hamzah Rifai (asal Klaten), Fahrurrozi (asal Pati), Abdul Rahman (asal Makassar), Ranie Sayulina (asal Aceh), Ummu R. Siregar (asal Kupang), Fadhilah Halim (asal Medan), Ita Qonita (asal Sleman) dan Nidaul Husni (asal Bukittinggi).

Dalam pertemuan di ruang tamu kamar hotel, Dirjen Purwosusilo sempat menanyakan dari mana asal masing-masing cakim. “Saya dari Aceh, Pak. Berhubung belum berkeluarga, saya ingin menemukan jodoh di Aceh saja,” kata Ranie Sayulina sambil senyum-senyum kecil.

Menanggapi permintaan Ranie, Pejabat Eselon I kelahiran Pacitan, 29 September 1954 itu mengatakan bahwa oleh karena cakim dari Jawa harus keluar Jawa, maka demi adilnya cakim dari luar Jawa tidak akan ditempatkan di kampung halamannya. “Misalnya orang Aceh, paling tidak ditempatkan di Sumatra Utara,” tambahnya.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Dirjen Purwosusilo berpesan kepada para cakim supaya tidak banding ketika ditempatkan di PA yang tidak sesuai dengan harapan. “Disyukuri saja dan ambil hikmahnya! Sejauh-jauhnya tempat tugas, tetap masih Indonesia juga. Justru di tempat yang jauh dan baru sama sekali, akan menambah pengalaman dan memperkaya wawasan,” pesannya. (fahr)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi