pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

SETELAH + 3 TAHUN DALAM KEBERSAMAAN, AKHIRNYA CALON HAKIM PENGADILAN AGAMA SURAKARTA BERPAMITAN


Jum’at, 11 Oktober 2013, Tampak seluruh aparat Pengadilan Agama Surakarta berkumpul dalam suasana haru, gembira dan penuh keakraban di sebuah restoran di kawasan Kota Solo. Siang itu, dalam acara Syukuran dan Pelepasan Calon Hakim Pengadilan Agama Surakarta, seluruh aparat Pengadilan Agama Surakarta (kecuali petugas piket) menyempatkan diri mengikuti acara pelepasan. Setelah + 3 tahun berkantor bersama para pegawai Pengadilan Agama Surakarta, Para Calon Hakim memang sudah menerima SK pengangkatan Hakim mau tidak mau mereka harus meninggalkan Kota Solo untuk melanjutkan tugas negara di tempat yang baru.

 

Di hadapan seluruh aparat Pengadilan Agama Surakarta Fahmi Hamzah Rifa’i, S.Si, perwakilan Cakim menyampaikan pesan dan kesannya.  “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga Pengadilan Agama Surakarta dari Ketua sampai dengan tenaga honorer yang telah banyak memberikan nasihat, arahan dan bimbingan selama kurang lebih tiga tahun di Pengadilan Agama Surakarta sehingga kami menjadi pribadi yang lebih baik”. Beliau  merasakan bahwa arahan dan bimbingan yang diperoleh bermanfaat bagi para cakim termasuk dari yang dulunya lebih mementingkan ego masing-masing sekarang menjadi lebih bisa dikontrol/ditekan. Pria yang juga asli dari wilayah karesidenan Surakarta ini juga menyampaikan permohonan maafnya apabila ada salah sikap, pemikiran dan ide2 yang kurang berkenan. Beliau berharap tali silaturahmi tetap terjaga. “Dengan menjaga silaturahmi mudah2an kita senantiasa diberi banyak rejeki, baik rejeki ketenangan hati, pikiran maupun kesehatan, panjang umur dan segala sesuatu yang baik-baik”, ujarnya. 

Tak lupa, jebolan STAIN ini juga menyampaikan terima kasih kepada para mentor yang telah membimbing mereka selama di Pengadilan Agama Surakarta serta memohon do’a restu semoga tetap amanah, istiqomah di tempat yang baru nanti. 

Rupanya kegiatan tenis mendapatkan kesan tersendiri oleh pria kelahiran 1979 ini. Beliau sempat menyinggung kagiatan olahraga kesukaannya itu yang juga merupakan olahraga rutin yang ia ikuti di Pengadilan Agama Surakarta serta meminta maaf kepada rekan2 petenis atas kesalahannya selama bermain tenis bersama mereka.

Pada mutasi cakim kali ini memang penempatan cakim relatif jauh sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Ketua Pengadian Agama Surakarta, Drs. H Ma’muri, S.H., M.Si. bahwa penempatan cakim tersebar dimana-mana ada yang ke PA Dompu, Manna, Aceh dsb. Dalam sambutannya beliau menyisipkan do’a semoga para Cakim yang sebentar lagi jadi hakim di tempat yang baru nanti mendapatkan barokah, yaitu kebaikan dari Allah SWT. “ Semoga keberkahan dan kesuksesan menyertai di tempat yang baru” begitu beliau sampaikan berulang-ulang mengisyaratkan kesungguhan doa beliau. Drs. H Ma’muri juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para mentor yang telah membimbing para Cakim selama ini.

 

 

Dalam acara ini, tak ketinggalan Mentor pun memberi wejangan kepada para Cakim. Ibu Dra Hj. Chairiyah yang tampil ke depan mewakili para mentor memberikan banyak pesan kepada “adik-adik hakim “ (begitu beliau menyebut para cakim yang tentunya sebentar lagi akan dilantik)agar meningkatkan kemampuannya dalam membuat putusan. “Meskipun sudah mumpuni, masih sering kurang sistematis, seharusnya bikin putusan jangan muter-muter” begitu beliau sampaikan. Beliau berpesan bahwa sebagai hakim harus juga tahu cara membuat BAP yang baik, karena meskipun PP yang buat tapi hakim juga bertanggungjawab. Seraya mengingatkan kepada para cakim agar bersyukur karena kita beragama Islam, “Ibu hakim yang terkenal tegas dan nyentrik” ini juga mengajak kepada para cakim untuk tidak meninggalkan ciri Islamnya dalam membuat putusan. “Perkara-perkara itu bawalah dalam Hukum Allah SWT, karena kita ini kan Pengadilan Agama dan Agama kita adalah Islam” demikian ia mengingatkan.

Beliau juga berpesan agar nanti di tempat yang baru pandai-pandai menempatkan diri. Jangan mudah terpancing emosi, jangan juga terlebih dahulu banyak bicara, baca situasi dan lingkungan dahulu dan melakukan sesuatu sesuai hukum Allah. Terakhir dalam sambutannya beliau menyampaikan permintaan maaf jika dalam bimbingannya ada kekurangan dan mendoakan agar bisa menjaga diri di tempat yang baru nanti. 

Masih dalam suasana keakraban dan berbeda itu juga diserahkan kenang-kenangan dari Hakim, pegawai dan kantor Pengadilan Agama Surakarta. Juga kenang-kenangan dari Para Cakim kepada warga kantor Pengadilan Agama Surakarta yang sudah seperti keluarga sendiri berupa peralatan olahraga yaitu meja pingpong. Tentunya Bapak ketua sangat berterima kasih dan menyampaikan rasa senang hati dan bahagianya kepada para Cakim. Begitupun para Cakim tak dapat menyembunyikan kegembiraannya di sela suasana haru siang itu. “Kami tidak menyangka dan terkejut mendapatkan surprise sebanyak ini “ begitu kata Iftahuddin salah satu cakim yang  siap berangkat ke PA Dompu Mataram. (nis_fu)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi