pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

KALI INI, GILIRAN MAHASISWA UNU SURAKARTA MELAKUKAN MAGANG DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Lagi..., untuk kesekian kalinya Pengadilan Agama Surakarta kembali kedatangan sejumlah mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang. Kegiatan magang pada kali ini dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta Program Studi : Ahwal Al Syakhsyiyyah (AS)yang dijadwalkan akan berlangsung selama 8 hari yaitu dari tanggal 6 Nopember 2013 hingga 15 Nopember 2013. Mahasiswa yang mengikuti berjumlah 8 orang, yaitu Essamsudin, Ali Fahrudin, Nur fauziah, Zaenul Abidin, Ida Ayu Badriyah, Abdul hadi, Murodi, Nur Prianto.

   

Foto : Ketua PA Surakarta berfoto bersama mahasiswa UNU

Saat ditanya kenapa memilih Pengadilan Agama Surakarta sebagai tempat  magang, salah seorang

mahasiswa bernama Murodli mengatakan bahwa Lokasi kantor Pengadilan Agama Surakarta strategis dan  mudah dijangkau, selain itu dia juga mengaku mendapat arahan dari dosen pembimbingnya yang merekomendasikan Pengadilan Agama Surakarta sebagai tempat magang. Saat dikonfirmasi, Bp Sutrisno, SH,MH membenarkan bahwa memang merekomendasikan Pengadilan Agama Surakarta sebagai tempat kegiatan magang bagi para mahasiswanya , “Pengadilan Agama Surakarta merupakan mitra yang baik, penerimaannya ramah dan administrasinya mudah”.

Pada hari pertama, yaitu tanggal 6 Nopember 2013 dilaksanakan acara pembukaan sekaligus penyerahan para mahasiswa yang didampingi oleh dosen pembimbing, Bp Sutrisno, S.H.,M.H., kepada Pengadilan Agama Surakarta selaku instansi tempat magang yang langsung diterima sendiri oleh Ketua Pengadilan Agama Surakarta Drs. H.Ma’muri, S.H.,M.Si.

  

Foto : Ketua PA Surakarta menerima mahasiswa magang

 Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Surakarta, Drs. H.Ma’muri, S.H.,M.Si. menyampaikan selamat datang kepada para mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta serta mengucapkan terimakasih atas kerjasama dan kepercayaannya memilih Kantor Pengadilan Agama Surakarta sebagai tempat magang. Beliau berpesan kepada para mahasiswa agar melaksanakan kegiatan tersebut dengan sebaiik-baiknya. “ Saya harap adik-adik melaksanakan PPL dengan sebaik-baiknya sehingga mendapat manfaat khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas akademik adik-adik sendiri ”, begitu tutur beliau. Selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Surakarta menerima secara resmi para mahasiswa untuk melakukan magang di Pengadilan Agama Surakarta.

Setelah acara pembukaan, Bp Mursid selaku perwakilan dari Pengadilan Agama Surakarta yang dalam kegiatan ini sekaligus bertindak sebagai pembimbing Mitra memberikan arahan teknis kepada para mahasiswa selama  kegiatan magang berlangsung. Diantaranya setiap hari mahasiswa wajib absen di meja Bp Mursid (ia juga menjabat Wakil panitera Pengadilan Agama Surakarta), Hari Jum’at olahraga sehingga mahasiswa wajib mengenakan pakaian olahraga, dan jam magang sesuai jadwal yaitu pk. 08.00 sd 14.00 WIB.

  

Foto : Para mahasiswa menerima arahan kegiatan magang

Selaku tuan rumah, Pengadilan Agama Surakarta berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan bertanggung jawab. Sebagai bentuk tanggung jawabnya, Bp Mursid mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan magang diantaranya tempat, dokumen-dokumen, mengatur narasumber dan memberikan arahan-arahan selama kegiatan magang berlangsung. “Sebagai tuan rumah, kita harus bertanggung jawab menerima para mahasiswa meskipun pekerjaan dinasnya juga banyak.”, begitu ia menuturkan.

 

Selanjutnya para mahasiswa diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan magang sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Diantaranya, mengikuti persidangan danmengikuti kegiatan memanggil jurusita. Selain itu para mahasiswa juga memperoleh materi dari narasumber yang sebagian besar para hakim seperti materi teknik pembuatan gugatan dan permohonan, teknik membuat putusan, desente, pemanfaatan IT, dsb. (tim-red)

 

 

 

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi