pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H

MINAL AIDIN WAL FAIZIN

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
MINAL AIDIN WAL FAIZIN

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PULUHAN MAHASISWA UMS “GERUDUG” PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Sebanyak 42 mahasiswa Fakultas Syari’ah Universitas Muhammadiyah Surakarta memenuhi ruang sidang I Pengadilan Agama Surakarta siang itu, Rabu, 27 Nopember 2013. Mereka datang meng”gerudug” kantor Pengadilan agama Surakarta bukan untuk berdemonstrasi atau melakukan orasi, melainkan sedang menimba ilmu bagaimana cara beracara di Pengadilan Agama Surakarta. Ya, selama hampir 2 (dua) minggu tepatnya sejak tanggal 18 Nopember 2013 para mahasiswa Universitas ternama di Kota Solo tersebut melaksanakan kegiatan Program Pengalaman Lapangan (PPL) di Pengadilan Agama Kelas IB  ini.


  Foto : Ketua PA Surakarta (paling depan 3 dari kiri) berfoto bersama mahasiswa.

 

Selama 8 hari mengikuti PPL, para mahasiswa mendapatkan banyak materi yang relatif berbeda dengan pelajaran yang mereka terima di tempat kuliah. Disini, mereka mendapatkan materi tentang bagaimana cara berperkara, proses berperkara menurut pola bindalmin, dan materi-materi lain yang berhubungan dengan pelaksanaan berperkara di Pengadilan Agama. Mereka juga banyak melakukan praktek dari membuat gugatan, bersidang, menyusun Berita Acara Persidangan, membuat Relaas Panggilan, membuat putusan hingga menganonimasi putusan. Para mahasiswa juga diperkenankan mengikuti persidangan pada waktu-waktu yang telah diatur. Fajrur Rahman, salah satu peserta PPL mengaku merasa senang bisa mengikuti PPL di PA Surakarta. “Saya sempat penasaran apa saja yang ada dalam ruang sidang dan apa yang dikerjakan orang-orang saat bersidang, namun setelah mengikuti PPL disini sekarang saya sudah tahu sehingga rasa penasaran saya terjawab.”  Mahasiswa asal Karawang yang juga merupakan santri pondok Jamsaren ini juga mengungkapkan kesannya terhadap para pegawai PA Surakarta, “Saya senang bisa magang disini, karena selain banyak ilmu, pegawainya juga ramah-ramah dan banyak senyum.”, ungkapnya.  

Foto : Mahasiswa serius melaksanakan praktek persidangan (kiri) dan menerima materi PPL (kanan)

 

Banyaknya mahasiswa yang mengikuti PPL kali ini membuat PA Surakarta tidak bisa menampung mereka secara ideal. Kantor yang berdiri di atas tanah seluas 750 m2 ini memang memiliki ruangan ruangan yang cenderung minimalis termasuk ruang sidang yang hanya berukuran 6 x 6.Ruangan itulah yang biasanya dipakai untuk menerima mahasiswa PPL dari berbagai Perguruan Tinggi. Akan tetapi jumlah mahasiswa PPL yang ikut pada PPl kali ini jauh lebih banyak dari biasanya, yaitu sejumah 42 orang, sehingga mereka harus berdesak-desakan bahkan harus berpindah ke musholla jika ruang sidang sedang digunakan. Namun hal tersebut tidak mengurangi semangat para mahasiswa dalam menyerap mater-materi yang diberikan. Hal ini terlihat dari keseriusan para mahasiswa saat mendengarkan penjelasan dari para pemateri maupun saat mengerjakan tugas yang diberikan.  

     

 Foto : Mahasiswa tekun mengikuti PPL di Musholla

 

 

Mahasiswa menerima materi anonimasi putusan

Ada yang baru dari kegiatan PPL kali ini, yaitu pemberian materi tentang anonimasi putusan. Para mahasiswa diberikan teori seputar anonimasi putusan, melingkupi prinsip penganonimasian, dasar pelaksanaan anonimasi dan cara melakukan anonimasi. Selain itu, mahasiswa juga diberikan latihan menganonimasi putusan. Latihan penganonimasian ini diberikan dengan maksud agar para mahasiswa terampil dalam melakukan anonimasi putusan. “Selain membuat BAP, Relaas dan Putusan, melakukan anonimasi putusan juga termasuk bagian pekerjaan seorang hakim maupun panitera, sehingga jika mereka nanti menjadi hakim atau pegawai Pengadilan, sudah trampil menganonimasi.”, begitu papar Anis Fuuadah, pemateri anonimasi. Dipimpin oleh ketua PPL, Afif Amriza, para mahasiswa giat melakukan anonimasi putusan. Masing-masing mahasiswa memperoleh tugas menganonimasi 5 (lima) putusan. Hasil anonimasi ini nantinya akan diperiksa dan mempengaruhi nilai PPL mahasiswa.

 

 Foto : Mahasiswa giat mengerjakan anonimasi

 

 

Di hari terakhir, PPL ditutup oleh Ketua Penghadilan Agama Surakarta, H. Ma’muri, M.Si. dihadiri oleh Dosen Fakultas Syari’ah UMS, Drs. Fajaruddin, M.Ag. Dalam acara penutupan, H. Ma’muri menyampaikan terimakasih atas kerjasama pihak Fakuktas Syari’ah dan PA Surakarta selama ini. Beliau juga memohon maaf apabila dalam pelaksanaan magang belum memenuhi target/sasaran dari pihak fakultas. H. Ma’muri juga menyinggung kondisi PA Surakarta yang sempit, beliau berharap meski dengan kondisi yang sempit tetap terasa luas dalam berkegiatan.


 Foto : Ketua PPL menyampaikan kesan dan pesan (kiri), Perwakilan mahasiswa menyerahkan kenang2an kepada Ketua PA Surakarta (kanan)

 

Mewakili mahasiswa, Ketua PPL Afif Amriza menyampaikan kesan dan pesannya. Ia menyampaikan terima kasih kepada Pengadilan Agama Surakarta yang telah menerima mereka, dan mohon maaf apabila ada perilaku atau etika yang tidak diperkenankan. Secara umum ia mengungkapkan kesan yang baik kepada PA Surakarta. “Kami senang karena dengan PPL disini, kami bisa melihat bagaimana fakta yang sebenarnya dalam sidang.”, demikian Afif menyampaikan. Drs. Syafarudin yang mewakili fakultas juga menyampaikan terima kasih atas ilmu yang diberikan oleh para pemateri seraya berdoa agar Ilmu yang diberikan menjadi amal yang berguna kelak. (tim_red)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi