Menu Utama

Prosedur Berperkara

Apakah anda pihak yang akan berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta? Berikut kami sajikan bagaimana prosedur berperkara di Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Panjar Biaya Perkara

Setelah anda mengetahui bagaimana Prosedur Berperkara, berikut kami sajikan besarnya Panjar Biaya Perkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Maklumat Pelayanan

Apakah anda sedang berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta ? Mohon diperhatikan tentang maklumat pelayanan kami. Klik disini

 

 

 

FGD UJI PUBKLIK RENSTRA DISPENDUKCAPIL SURAKARTA

PA SURAKARTA MENGIKUTI FGD UJI PUBLIK RENSTRA

TAHUN 2016-2021 DISPENDUKCAPIL KOTA SURAKARTA

Surakarta, 28 Agustus 2017

Pemerintah kota Surakarta dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengadakan FGD (Forum Group Discussion) dalam rangka uji publik RENSTRA tahun 2016-2021 (revisi) yang digelar hari ini, bertempat di Hotel Megaland jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Acara dimulai pukul 10.00 pagi dihadiri oleh 32 perwakilan instansi terkait secara vertical. Ketua Pengadilan Agama Surakarta yang berhalangan hadir dikarenakan adanya audit pemeriksanaan dalam rangka serah terima jabatan ketua, memerintahkan kasubag perencanaan, teknologi informasi dan pelaporan yang berkaitan erat dengan RENSTRA untuk menghadiri acara tersebut.

Pemateri yaitu kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Surakarta menyampaikan rencana strategis dispendukcapil yang memiliki tujuan “mewujudkan kualitas layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil yang menjangkau seluruh penduduk”. Dispendukcapil telah bekerja sama dengan dishub kominfo dalam pembuatan aplikasi e-Kelurahan yang mana aplikasi ini terintegrasi dengan database SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) yang kedepannya akan dikembangkan agar juga bisa terintegrasi dengan stakeholders yang membutuhkan data kependudukan, seperti contoh instansi kesehatan, perbankan, dll. Acara ini diharapkan dapat memberikan efek positif kepada masyarakat karena dari perwakilan stakeholders yang hadir juga memberikan masukan permasalahan yang dihadapi penduduk kota Surakarta, sebagai contoh sulitnya mengurus akte kematian dan sulitnya mengetahui jumlah penganut agama Khonghucu karena tidak tercantum di KTP.

Dispendukcapil kota Surakarta sedang menguji coba aplikasi yang berkaitan dengan pengurusan akte kematian, aplikasi ini mulai digunakan di 5 kelurahan, yaitu kelurahan Jebres, Semanggi, Pajang, Serengan dan Kadipiro. Nantinya setelah menerima laporan dari RT maupun ahli waris, kelurahan dapat mencetak langsung akta kematian tersebut beserta surat dukacita dan akan diantar oleh petugas kelurahan kekediaman ybs.

Program yang juga telah berjalan adalah pencatatan data penduduk yang diambil dari anak-anak usia kelas 1 sekolah dasar. Data ini kemudian digunakan untuk membuat KTP anak tersebut ketika telah berusia 17 tahun. Pemerintah Kota Surakarta akan mengirimkan surat panggilan untuk mengambil KTP tersebut bersamaan dengan ucapan selamat ulang tahun.

Dari program-program yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini dispendukcapil, Pengadilan Agama Surakarta mewakili stakeholders dan masyarakat pada umumnya mengharapkan untuk kedepan pelayanan oleh pemerintah kepada masyarakat akan semakin baik lagi.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh

Jadwal Sidang

Pimpinan

Drs. ABDUL QODIR, SH.MH | Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Drs. MAHMUDDIN, SH.MH | Wakil Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Dra. Hj. CHAIRIYAH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. H. MAKMUN, M.H. | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. JAYIN, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
H. ZUBAIDI, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Elis Rahmahwati, SHI., S.H., M.H,.| Hakim Pengadilan Agama Surakarta
M. MUNIR, SH, MH | Panitera Pengadilan Agama Surakarta
ICHWAN FIRMANSYAH ASSIDIQI, S.Ag | Sekertaris Pengadilan Agama Surakarta

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Badan Peradilan Agama

SIPP - MA

SIWAS

PTA Semarang