pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

Tim Menpan-RB Survei Kesiapan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi PA Surakarta

Upacara penyambutan dimulai di halaman kantor tepat saat Tim datang dan turun dari mobil yang didampingi bapak Ketua PN Surakarta, Krosbin Lumban Gaol, S.H., M.H. Tim memang mengunjungi PN Surakarta terlebih dahulu sebelum akhirnya sampai ke Pengadilan Agama Surakarta. Dengan mengalungkan selendang bermotif Batik Solo, Ketua Pengadilan Agama Surakarta menyambut sekaligus mempersilahkan Tim yang berjumlah 5 orang ini untuk masuk.

WhatsApp Image 2019 10 24 at 20.02.34

Tim Menpan RB dan Pimpinan PA Surakarta membahas perkembangan e-court

Pada kesempatan tersebut, sembari memeriksa ruangan pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) Pengadilan Agama Surakarta, Tim Menpan dan Pimpinan PA Surakarta berbincang mengenai perkembangan e-court. Ketua PA Surakarta mengungkapkan bahwa “program e-court sebenarnya memberikan dampak yang sangat positif bagi percepatan modernisasi dunia peradilan. Hanya saja untuk saat ini penggunanya masih didominasi oleh advokat. Sedangkan masyarakat pencari keadilan pada umumnya yang belum menggunakan jasa advokat, belum ada yang menggunakan e-court. Namun demikian, kami terus mensosialisasikan kepada masyarakat. Setiap para pencari keadilan yang datang, kami terus berikan penjelasan terkait program e-court melalui  meja informasi", ungkap Ketua.

WhatsApp Image 2019 10 24 at 20.02.34

Tim Menpan RB sedang memeriksa ruang bermain anak

Dari ruang pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), Tim Menpan bergeser untuk mengkroscek ruang bermain anak. Pada kesempatan tersebut Panitera Pengadilan Surakarta menjelaskan bahwa “ruang bermain anak ini berfungsi sebagai ruang tunggu anak sembari menunggu berjalannya sidang orang tuanya yang sedang berperkara supaya tidak mengganggu jalannya sidang, ruang ini terbukti sangat membantu proses kelancaran sidang”, jelas Heryanta.

WhatsApp Image 2019 10 24 at 20.02.34 (Tim Menpan-RB memeriksa inovasi box set sebagai ruang penyimpan berkas perkara)

Setelah memeriksa ruang bermain anak, Tim Menpan-RB mengecek ruang kepaniteraan. Di ruang kepaniteraan ini ternyata terdapat ruang-ruang yang membuat Tim Menpan-RB terkejut. Bagaimana tidak, ruang yang sangat sempit tersebut dipaksa untuk menampung arsip-arsip perkara yang bergejubel, sehingga dinding-dinding disulap menjadi box set yang sangat bermanfaat untuk menyimpan arsip perkara.

WhatsApp Image 2019 10 24 at 20.00.14

(Tim Menpan-RB memeriksa beberapa aplikasi inovasi terbaru PA Surakarta)

Begitu selesai memeriksa inovasi pemanfaatan ruang untuk arsip perkara, kemudian Tim Menpa-RB bergeser menelisik tiap-tiap meja di kepaniteraan. Di ruang kepaniteraan ini Tim Menpan disuguhi dengan berbagai varian inovasi aplikasi keperkaraan. Dalam kesempatan tersebut, Ketua PA Surakarta menuturkan bahwa di PA Surakarta telah banyak membuat aplikasi inovasi control jalannya kinerja aparatur peradilan.

“Alhamdulilah, sebagai upaya totalitas mendukung program Dirjen Badilag, kami di sini memanfaatkan aplikasi inovasi dalam rangka untuk mengontrol jalannya perkara, diantaranya adalah aplikasi SIMPERA, HIK dan SIMKERJA. Misalnya saja SIMPERA, aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol putusan dari Ketua kepada majelis hakim. Bahwa putusan majelis hakim begitu sudah dibacakan wajib segera diupload. Nah, untuk mengetahui sudah diupload atau belum, kita dapat mengetahuinya melalui aplikasi ini. Bukan hanya untuk control upload putusan, tetapi melalui aplikasi ini Panitera juga dapat  mengontrol kinerja Panitera Pengganti, apakah Panitera Pengganti sudah mengupload Berita Acara Sidang atau belum. Majelis hakim dan Panitera Pengganti  tidak diperbolehkan pulang terlebih dahulu, meski sudah jam pulang, sebelum mereka mengupload putusan dan berita acara sidang, mengingat saat ini kita sudah menerapkan system One Day Minut One Day Publish demi merealisasikan asas peradilan cepat,” tutur Ketua dengan penuh semangat dan optimis.

Melanjutkan penuturan Ketua PA Surakarta. Panitera PA Surakarta menerangkan bahwa “selain SIMPERA, sebagaimana yang telah diterangkan Bapak Ketua tadi, kita juga memanfaatkan aplikasi yang dinamakan SIMKERJA. Aplikasi ini fungsinya untuk mengontrol putusan yang telah berkekuatan hukum tetap. Melalui aplikasi ini pula, kita  dapat mengontrol berkas yang akan dimasukkan ke dalam arsip perkara. Selain itu, aplikasi ini juga dapat mengontrol apakah panggilan delegasi (tabayun) sudah dilaksanakan oleh jurusita atau belum. Jurusita  dapat langsung melakukan print out bila menerima panggilan delegasi dari Pengadilan Agama lain, karena SIMKERJA dapat langsung terintegrasi dengan SIPP,” terang Panitera.

Pengadilan Agama Surakarta juga mempunyai aplikasi HIK, aplikasi ini dapat membantu para pencari keadilan dalam hal mengambil antrian sidang. Jadi para pihak tidak perlu terburu-buru pergi ke Pengadilan untuk ambil antrian sidang. Mereka cukup menggunakan aplikasi ini dengan cara online melalui HP android. Dengan aplikasi ini,  jurusita menjadi  sangat terbantu, karena begitu sidang selesai, panitera pengganti dalam ruang sidang wajib menginput panggilan. Sehingga jurusita tinggal print out saja bila ingin melakukan panggilan atau pemberitahuan dan hal ini dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan data para pihak yang dipanggil. Jadi mudahnya aplikasi yang kami tawarkan ini seluruhnya untuk melengkapi kekurang dari SIPP yang belum lengkap menunya”, tambah Panitera sembari menunjukkan tutorial penggunaan aplikasi inovasi. 

Setelah melakukan penilaian di bagian kepaniteraan, Tim Menpan-RB kemudian melihat ruang hakim, Panitera Pengganti dan Kesekretariatan yang berada di lantai II Pengadilan Agama Surakarta. Proses penilaian berjalan cukup santai namun tetap serius, sesekali diiringi dengan canda tawa yang membuat penilaian ini nampak cair.

 

Setelah melakukan penilaian, Tim Menpan-RB berbincang-bincang di ruang Ketua dan dilanjut dengan ceremony penutupan serta foto bersama di depan halaman Pengadilan Agama Surakarta. (Adm/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi