pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

SIDAK DIREKTUR PEMBINAAN ADMINISTRASI PERADILAN AGAMA MAHKAMAH AGUNG RI DI PA SURAKARTA KELAS IA

 WhatsApp Image 2019 11 04 at 08.47.33

Surakarta, Senin 4 November 2019 || Pengadilan Agama Surakarta menerima kunjungan dari Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik pukul 08.10 WIB di ruang sidang I Pengadilan Agama Surakarta. Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana sejak Ibu Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. resmi dilantik dari Kasubdit Mutasi Hakim menjadi Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama, Kamis (31/10/2019).

Acara ini dimulai dengan pengecekan berkas perkara yang dalam SIPP program ini disebut one day minute one day publis. Hasil dari pengecekan tersebut PA Surakarta benar telah menunjukkan penyelesaian perkara secara elektronik di SIPP sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Sementara itu, dalam acara ekspose pada kegiatan ini selain dihadiri oleh tiga pilar Pimpinan pengadilan Agama Surakarta, para Hakim, Panitera Pengganti dan Jurusita. Kegitan ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. dan dilanjutkan dengan acara ekspose pembinaan oleh Ibu Direktur Pembinaan Administrasi.

Dalam pembinaannya, Ibu Direktur mengajak kepada seluruh komponen warga Pengadilan Agama Surakarta untuk saling mendukung antara satu dengan yang lain. Karena tanpa dukungan satu dengan yang lain, pelayanan publik mustahil dapat diraih dengan maksimal. Selain kerja sama yang bagus, setiap Pengadilan Agama wajib merealisasikan 9 (Sembilan) program aplikasi Badilag sebelum ayam berkokok awal tahun 2020 telah tiba.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. juga menghimbau untuk memaksimalkan prinsip pelayanan 3S dan 5R, serta program e-litigasi bagi para pencari keadilan. Bukan hanya bagi para pengguna terdaftar saja yang didorong untuk menggunakan e-litigasi, tetapi juga masyarakat umum atau pengguna lainnya. Upaya ini sebagai konsekuensi dari peradilan modern yang berbasis teknologi informasi.

Selain membicarakan e-litigasi, Ibu Dirjen juga menyinggung tentang pentingnya e-eksaminasi. Aplikasi ini diciptakan sebagai penjamin terciptanya kualitas produk putusan peradilan. Bukan hanya sampai di situ, apabila nanti hasil eksaminasi suatu putusan sangat bagus, maka Hakim yang bersangkutan bila telah memenuhi persyaratan sebagaimana KMA Nomor 48/KMA/SK/II/2017 tentang Pola Mutasi dan Promosi pada Empat Lingkungan Peradilan,  untuk diangkat menjadi Hakim Tinggi maka yang bersangkutan akan sangat berpeluang untuk dipromosikan menjadi Hakim Tinggi.

Terakhir, Ibu Direktur mengingatkan bahwa, pola pembinaan promosi dan mutasi kita saat ini sudah semakin baik. Sekarang sudah zamannya promosi dan mutasi berbasis kinerja, bisa jadi nanti Hakim di kelas IA, karena kualitas kinerjanya menurun maka akan merosot dan dimutasi ke kelas IB atau bahkan kelas II, disesuaikan level kelasnya. Kecuali bagi yang sakit, namun sakit di sini juga harus dibuktikan dengan data dukung yang bisa dipertanggung jawabkan sesuai dengan Perma Nomor 7 tahun 2016 dan harus diupload ke dalam Sikep dan ABS (aplikasi back up sikep).

WhatsApp Image 2019 11 04 at 09.22.421

Meskipun kegiatan ini berlangsung cukup singkat, namun penuh dengan materi dan informasi yang berbobot.  Mengingat Ibu Direktur akan segera bergeser ke Pengadilan Agama lainnya untuk melakukan pembinaan serupa. Maka kegiatan pembinaan segera ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Surakarta dan dilanjut dengan berfoto bersama. (Adm/Yusron)

 

 

 

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi