pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PENGADILAN MILITER II-10 SEMARANG GELAR SIDANG KELILING DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

WhatsApp Image 2019 11 04 at 13.13.26

Surakarta, Senin 4 November 2019 || Pengadilan Agama Surakarta menerima kunjungan dari Pengadilan Militer II-10 Semarang pada pukul 13.00 WIB di ruang Ketua Pengadilan Agama Surakarta. Kunjungan ini berdasarkan surat Kepala Pengadilan Militer II-10 Semarang Nomor: W2-Mil.03/17/HM.00/X/2019 tanggal 17 Oktober 2019 bertujuan untuk melaksanakan sidang keliling di Pengadilan Agama Surakarta yang dijadwalkan pada tanggal 4 sampai dengan 8 November 2019.

Sharing Modernisasi Dunia Peradilan

Sebelum acara sidang digelar, rombongan Pengadilan Militer II-10 Semarang menyempatkan sharing dengan Ketua Pengadilan Agama Surakarta terkait modernisasi dunia peradilan di ruang ketua. Dalam diskusi tersebut, Ketua Pengadilan Agama Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengenalkan beberapa inovasi peradilan yang sedang diterapkan di Pengadilan Agama Surakarta dalam rangka untuk mempermudah pelayanan publik. Inovasi tersebut antara lain aplikasi SIMPERA, SIMKERJA dan HIK.

Simpera adalah aplikasi yang dikendalikan oleh Ketua Pengadilan untuk mengontrol kinerja para Hakim. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh Panitera untuk mengontrol kinerja para Panmud dan Panitera-Pengganti. Adapun Simkerja, aplikasi ini berfungsi untuk mengontrol putusan yang telah berkekuatan hukum tetap. Aplikasi ini juga dapat mengontrol berkas yang akan dimasukkan ke dalam arsip perkara. Sedangkan aplikasi HIK adalah aplikasi ini untuk membantu para pencari keadilan dalam hal mengambil antrian sidang. Sehingga dengan aplikasi ini para pihak tidak perlu terburu-buru pergi ke Pengadilan untuk ambil antrian sidang. Mereka cukup menggunakan aplikasi ini dengan cara online melalui HP android.

Dari hasil diskusi tersebut, Kadilmil nampaknya tertarik dengan salah satu aplikasi inovasi yang diterapkan di Pengadilan Agama Surakarta, yaitu aplikasi HIK antrian sidang. Oleh karenanya tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat Pengadilan Militer II-10 Semarang juga akan menerapkan aplikasi tersebut.

 

Sidang Keliling Pengadilan Militer di Ruang Sidang II PA Surakarta

WhatsApp Image 2019 11 04 at 15.04.16

Pengadilan Militer II-10 Semarang setiap tahunnya selalu mengagendakan sidang keliling minimal satu kali dalam satu tahun. Sedangkan lokasi sidang keliling pada umumnya akan dipilih daerah yuridiksi yang mempunyai perkara terbanyak dan tahun ini Kota Surakarta terpilih sebagai lokasi sidang keliling dengan meminjam ruang sidang PA Surakarta.

Adapun aparatur peradilan yang bertugas dalam sidang tersebut antara lain Kolonel Sus Immanuel P. Simanjuntak, S.H., M.Si. (Kadilmil II-10 Semarang/Ketua Majelis), Mayor Chk Asmawi, S.H. (Hakim Anggota), Mayor Laut (KH) Slamet Widada, S.H., M.H. (Hakim Anggota), Mayor Laut (KH) Fadhli Hanra, S.H., M.H. (Panitera), Mayor Chk Hari Catur Prasetyo, S.H. (Oditur/Jaksa Militer) dan Letnan Satu Kusus Arinta Mudji Pranata (Panitera Pengganti).

Dalam keterangannya seorang anggota majelis mengatakan bahwa “sidang keliling yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Surakarta pada kali ini menggelar dua perkara, yaitu perkara THTI (Tidak Hadir Tanpa Izin di bawah 30 hari) pelanggaran terhadap pasal 86 KUHP Militer dan perkara Disersi (Tidak Hadir Tanpa Izin di atas 30 hari) pelanggaran terhadap pasal 87 KUHP Militer. Adapun yang terjerat perkara THTI adalah Pratu Y yang merupakan anggota TNI yang bertugas di Batalyon Kavaleri 2/Turangga Ceta Kodam IV/Diponegoro sedangkan yang terjerat perkara Disersi adalah terdakwa BY yang merupakan anggota Kodim 0722/Kudus”, ungkap Mayor Laut (KH) Slamet Widada, S.H., M.H.

Pengadilan Militer berdiri berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 31 tahun 1997 tentang Pengadilan Militer, dimana kedudukannya berada di bawah Mahkamah Agung untuk melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman mengenai tindak pidana  yang dilakukan oleh anggota militer. Secara umum, hukum acara persidangan pada Pengadilan Militer tidak jauh berbeda dengan hukum acara pidana umum.

“Pertama, setelah dilakukan penyelidikan dan penyidikan oleh Polisi Militer, kemudian perkara diteruskan kepada Oditur (Jaksa Militer), oleh Oditur, dilimpahkan ke Pengadilan Militer. Setelah dilimpahkan ke Pengadilan, agenda siding pertama adalah pembacaan dakwaan. Kemudian dilanjut pemeriksaan saksi, terdakwa dan alat bukti. Kemudian, Oditur melakukan tuntutan, sedangkan terdakwa diberikan kesempatan untuk melakukan plaidoi. Dilanjut replik-duplik. Setelah reprik-duplik kemudian Majelis Hakim melakukan musyawarah dan diakhiri dengan putusan”, lanjut Mayor Laut Slamet Widada.

WhatsApp Image 2019 11 04 at 13.45.50

Terakhir, untuk memupuk keakraban antar sesama warga peradilan, kegiatan ini ditutup dengan berfoto bersama. (Adm/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi