pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PA SURAKARTA GELAR SOSIALISASI E-LITIGASI MENUJU PERADILAN BERBASIS DIGITAL

 

WhatsApp Image 2019 11 25 at 08.29.52

Pengadilan Agama Surakarta menggelar rapat pembinaan yang dirangkai dengan acara sosialisasi e-litigasi pada Jumat, (22/11/2019). Kegiatan ini diselenggarakan di ruang sidang I Pengadilan Agama Surakarta sebagai dukungan terhadap program Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama untuk membangun badan peradilan yang modern.

Kegiatan tersebut dipandu langsung oleh Ketua dan didampingi Panitera Pengadilan Agama Surakarta. Acara yang digelar pada pukul 10.00 WIB tersebut, dihadiri oleh seluruh komponen aparatur Peradilan Agama yang terdiri dari Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, pejabat fungsional, pejabat struktural dan staf serta tenaga kontrak.

Melalui sambutannya, Ketua Pengadilan Agama Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengigatkan bahwa “lembaga peradilan adalah garda paling depan sebagai pelayan masyarakat dalam rangka menyelesaikan problematika yang hadir di masyarakat. Oleh karena itu, sebagai pelayan masyarakat, para aparatur bukan hanya dituntut ramah kepada para pencari keadilan, akan tetapi juga harus  menjamin kebersihan dan keasrian lingkungan kantor peradilan supaya para pengunjung terasa nyaman. Untuk itu seluruh pegawai Pengadilan Agama Surakarta wajib mengkroscek kebersihan gedung dan fasilitas kantor, khususnya ruang pelayanan publik sebelum memulai aktivitas bekerja”, ingat Ketua.

Ketua juga menambahkan bahwa “Hakim adalah figur percontohan bagi pegawai yang lain, oleh karenanya harus selalu menjaga integritas, loyalitas, etos kerja, kerapian dan tingkah laku sehari-hari, baik di kantor maupun di tengah masyarakat”, tambah Ketua.

"Para pencari keadilan yang mempersulit jalannya persidangan harus ditinggal. Misalnya kadang datang dan kadang tidak, itu termasuk melecehkan marwah peradilan yang harus dijunjung tinggi. Karena sekarang sudah serba mudah, bila tidak bisa datang, maka para pihak boleh menggunakan jasa advokat atau kalau tidak juga bisa menggunakan kuasa insidentil, semua sudah dipermudah”, serius Ketua.

WhatsApp Image 2019 11 25 at 08.29.53

Di sisi lain, dalam acara sosialisasi program e-litigasi, Ketua menegaskan kepada para petugas PTSP bahwa “tanggal 1 Desember 2019 adalah hari terakir pengguna terdaftar (advokat) wajib menggunakan e-court pada saat beracara di Pengadilan Agama Surakarta. Selain pengguna terdaftar, petugas PTSP juga harus mensosialisasikan kepada pengguna lainnya (masyarakat) supaya beracara dengan menggunakan e-court. Himbauan-himbauan ini harus dilaksanakan, sebagai dukungan untuk mewujudkan badan peradilan yang modern”.

E-litigasi diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung YM. Prof. Dr. Hatta Ali, S.H., M.H. pada hari ulang tahun Mahkamah Agung RI yang ke 74, tanggal 19 Agustus 2019 yang lalu, dengan dasar hukum Perma Nomor 1 tahun 2019 tentang administrasi perkara dan pesidangan  secara elektronik. Program e-litigasi ini pada dasarnya merupakan kelanjutan dari program e-court, yang diberlakukan untuk empat lingkungan peradilan peradilan umum, agama tata usaha negara dan militer. Adapun perbedaan e-court dengan e-litigasi terletak pada migrasi dari yang parsial ke menyeluruh, e-court merupakan migrasi peradilan digital dalam kontek administrasi perkara, sedangkan e-litigasi migrasi persidangan dari manual menuju digital.

Dengan hadirnya program e-litigasi ini, diharapkan dapat mendobrak tembok penghalang efektivitas peradilan, sehingga mampu menjembatani kendala geografis, dan tingginya biaya yang harus dikeluarkan, dengan demikian dapat dicapai asas peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan.

Menutup acara sosialisasi, Ketua Pengadilan Agama Surakarta mewanti-wanti bahwa “mulai bulan Desember 2019, 9 (Sembilan) inovasi peradilan harus sudah beroperadi di Pengadilan Agama Surakarta, dan seluruh pegawai khususnya bidang teknis wajib menguasai inovasi tersebut”, tutup Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. (Adm/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi