pasurakarta

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

KETUA PA SURAKARTA BERIKAN KULIAH UMUM PENGENALAN PERADILAN AGAMA KEPADA MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DUTA BANGSA SURAKARTA

470DB4C2 7ECA 4450 9E24 2CE6B12D8E48

Surakarta, Kamis 12/12/2019| Ketua Pengadilan Agama Surakarta berikan kuliah umum pengenalan Peradilan Agama kepada mahasiswa semester 3 (tiga) fakultas hukum Universitas Duta Bangsa Surakarta di ruang sidang I Pengadilan Agama Surakarta. Kegiatan yang diselenggarakan pada pukul 13.30WIB ini, dilaksanakan berdasarkan nota kesepahaman antara PA Surakarta dengan Dekan Fakultas Hukum Universitas Duta Bangsa Surakarta Nomor W11-A31/2613a/HM.01.1/XI/2019 tanggal 29 November 2019 tentang Nota Kesepahaman Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat.

Dalam pemaparannya, Ketua Pengadilan Agama Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. menyampaikan bahwa “Peradilan Agama adalah instansi pengadilan yang bertugas untuk menerima, mengadili dan menyelesaikan perkara bagi orang-orang yang beragama Islam atau orang non muslim yang tunduk pada hukum Islam. Sebagai contoh, non muslim yang tunduk dengan hukum Islam adalah seperti dalam kasus seorang non muslim yang terkait sengketa ekonomi yang menganut asas hukum Islam, penyelesaian perkaranya di Pengadilan Agama”, papar Ketua.

“Selain itu, Pengadilan Agama sebagaimana Pasal 49 dan 52 UU No. 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU No. 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama, juga berwenang menangani perkara Perkawinan, Waris, Wasiat, Hibah Wakaf, Zakat, Infaq, Shadaqah, Ekonomi Syariah serta memberikan keterangan, pertimbangan dan nasehat hukum Islam kepada instansi pemerintah di daerah hukumnya apabila diminta dan memberikan itsbat kesaksian rukyat hilal serta penentuan arah kiblat dan waktu sholat serta tugas dan kewenangan lain yang diberikan oleh atau berdasarkan Undang-undang”, tambah Ketua.

“Seiring dengan berjalannya waktu, kini Peradilan Agama memasuki babak baru, yaitu era 4.0, pada era ini Peradilan Agama memasuki era digital, semua serba elektronik. Tepatnya pada hari ulang tahun Mahkamah Agung tanggal 19 Agustus 2019 yang lalu, Ketua Mahkamah Agung YM. Prof. Hatta Ali meresmikan e-court dan e-litigasi. Adapun perbedaan e-court dengan e-litigasi terletak pada migrasi dari yang parsial ke menyeluruh, e-court merupakan migrasi peradilan digital dalam kontek administrasi perkara, sedangkan e-litigasi migrasi persidangan dari manual menuju digital. Dengan hadirnya program e-litigasi ini, diharapkan dapat mendobrak tembok penghalang efektivitas peradilan, sehingga mampu menjembatani kendala geografis, dan tingginya biaya yang harus dikeluarkan, dengan demikian dapat dicapai asas peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan”, pungkas Ketua.

56AFCC99 883E 4250 91D2 D796D0D526A6

Dalam kegiatan tersebut, antusiasme mahasiswa sangat tinggi. Hal ini terbukti para mahasiswa bertubi-tubi ngajukan pertanyaan pada saat season tanya jawab dibuka. Kedepan kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan sebagai wujud dedikasi Pengadilan Agama kepada dunia akademik untuk mengenalkan dunia peradilan kepada mahasiswa. Sebagai penutup acara, salah seorang mahasiswa menyerahkan cinderamata kepada Pengadilan Agama sebagai tanda terima kasih yang sudah bersedia meluangkan waktu bagi Universitas Duta Bangsa Surakarta dan kemudian ditutup dengan acara foto besama di halaman kantor PA Surakarta. (ADM/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi