pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1 SYAWAL 1441 H

MINAL AIDIN WAL FAIZIN

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin
MINAL AIDIN WAL FAIZIN

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

KETUA PA SURAKARTA BERIKAN MOTIVASI DALAM ACARA PENARIKAN MAHASISWA KKL FAK, HUKUM UNISRI

03A4F408 DBBB 4ED6 B216 4BF5D30CD635

Surakarta, Jumat 27 Desember 2019 | Ketua PA Surakarta berikan motivasi dan pesan-pesan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Fakultas Hukum Universitas Slamet Riyadi  Surakarta dalam acara penarikan KKL di ruang sidang 1 PA Surakarta. Kegiatan yang diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB ini, dihadiri oleh Ketua PA SUrakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H., Hakim Pembimbing Drs. H. Makmun, M.H., Kepala Prodi Ilmu Hukum Waluyo Pradoto, S.H., M.H., dan Dosen Pendamping Dr. Sinta Rukmi Budiastuti, serta sejumlah Mahasiswa KKL UNISRI.

Dalam sambutannya, Ketua PA Surakarta menyampaikan bahwa "sarjana hukum itu, oleh masyarakat sudah dianggap mengetahui seluruh penyelesaian permasalahan hukum. Padahal pembelajaran di kampus dibatasi waktu tatap muka, strata satu hukum maksimal hanya menguasai 5%, strata dua maksimal hanya 10%, dan strata tiga maksimal hanya menguasai 15% dari keseluruhan pengetahuan hukum. Untuk itu, Saudara harus lebih giat lagi belajarnya. Karena masyarakat tidak mau tahu, begitu sudah menyandang gelar sarjana hukum, berarti sudah siap untuk dijadikan rujukan menyelesaikan masalah hukum", ucap Ketua.

"Silahkan gaji pengetahuan sedalam-dalamnya, perkembangan ilmu hukum itu sangat pesat, Saudara tidak cukup hanya belajar di kampus saja, masih banyak informasi-informasi yang belum tersalurkan dari perkembangan peradilan di Indonesia ke kampus-kampus. Misalnya saja, tentang pendaftaran persidangan melalui e-court, proses beracara melalui e-litigasi dan masih banyak lagi perkembangan dunia peradilan pada saat ini, dan info-info seperti itu hanya didapatkan di Pengadilan. Jadi kami mendukung penuh upaya kerja sama antara Pengadilan dengan instansi pendidikan dalam rangka kepentingan edukasi. Karena Pengadilan selain menjalankan tugas pokok dan fungsinya juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa dan akademisi untuk melakukan riset demi kepentingan edukasi", turur Ketua.

"Guna mempersiapkan masa depan yang lebih baik bila nanti terjun di masyarakat, sarjana hukum harus menguasai seluk beluk hukum tanpa tebang pilih. Seperti saat ini, sekalipun diatara Saudara ada yang non muslim, Saudara juga harus mengetahui perihal hukum Islam. Karena nanti kalau Saudara memilih karier menjadi Advokat, demi kode etik, Saudara tidak bisa menolak untuk menangani masyarakat yang beragama Islam, misalnya perkara terkait hukum keluarga Islam sebagaimana yang menjadi kompetensi absolut Pengadilan Agama", tambah Ketua,

Menutup sambutan pelepasan, Ketua PA Surakarta berpesan bahwa "perjalanan Saudara masih panjang, ujiannya juga masih banyak, kedepan lulusan sarjana hukum dari berbagai pelosok tanah air akan semakin banyak, untuk itu Saudara harus rajin, harus pintar, biasakan menjaga kejujuran, perbanyak mengikuti pelatihan profesi, nanti kalau sudah menyandang gelar sarjana hukum, Saudara bisa mendaftar Hakim atau Panitera untuk melanjutkan perjuangan kami, atau b isa juga mengikuti Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA), ikut pelatihan mediator, dan syukur-syukur bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang di atasnya. Agar begitu terjun di masyarakat sudah langsung siap pakai", harap Ketua.

CFD88A13 D092 4355 A14B 2D030B34EAA5

Setelah sambutan selesai, acara dilanjut dengan penyerahan sertifikat secara syimbolik dan ditutup dengan foto bersama. (ADM/Yusron)

DEED7A58 0569 4086 A633 35519CB82427 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi