pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

AWALI TAHUN 2020, PENGADILAN AGAMA SURAKARTA GELAR RAPAT KOORDINASI PENYATUAN PERSEPSI PENYELESAIAN PERKARA ANTAR KETUA MAJELIS HAKIM

31930D4C F6BD 4C15 96E3 C47D634B1D6D

Surakarta, Kamis 9 Januari 2020 pukul 09.00 WIB| Pengadilan Agama Surakarta menggelar rapat koordinasi percepatan penyatuan persepsi dalam menyelesaikan perkara antar Ketua Majelis Hakim di ruang rapat PA Surakarta. Rapat yang dihadiri oleh Pimpinan dan seluruh Ketua Majelis Hakim PA Surakarta ini senaja digelar di awal tahun guna persiapan menghadapi persidangan pada tahun berjalan.

Dalam pembinaannya, Ketua PA Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. menyampaikan bahwa “Bapak/Ibu, kita di tahun 2019 ini sisa perkaranya hanya 4%, ini adalah prestasi yang cukup membanggakan. Karena jarang-jarang sisa perkara bisa di bawah 10%. Akan tetapi kita tidak boleh berpuas diri sampai di sini. Bila perlu kita tingkatkan kualitas kinerja kita, syukur-syukur tahun ini nanti sisa perkara kita bisa di bawah 4%. Kenapa penyelesaian perkara harus cepat? Karena putusan adalah mahkota peradilan. Sementara kita bekerja dituntut asas peradilan cepat. Untuk itu perlu kesepakatan-kesepakatan khusus supaya ada titik temu dalam hal percepatan penyelesaian perkara”, motivasi Ketua.

“Perlu diketahui Bapak/Ibu, bukan hanya percepatan penyelesaian perkara saja yang menjadi titik fokus kita. Tetapi kualitas putusan juga harus kita perhatikan, khususnya dalam perkara-perkara contradictoir. Ingat, kita di sini bukan hanya dimonitor oleh atasan kita secara internal, putusan-putusan kita terus dimonitoring, setidaknya oleh para akademisi atau mahasiswa seputar Soloraya melalui riset-riset”, tambah Ketua.

 

“Setidaknya dalam membuat pertimbangan, selain menerapkan hukum positif (lex positif/humana), juga  harus mempertimbangkan teori lex eterna/divina (al-Quran dan al-Hadis), mengingat kita adalah Hakim Pengadilan Agama. Perlu menukil ayat-ayat mau pun hadis Rasul, dijelaskan juga illat hukumnya, kenapa harus menukil dalil tersebut. Supaya lebih komplit lagi, bila perlu mengutip teori-teori lex natural melalui para pakar hukum” jelas Ketua.

Sebagai penutup acara, Ketua PA Surakarta mengingatkan kepada seluruh peserta untuk menjaga kekompakan guna menjaga solidaritas antar sesama “Bila kita terus solid, pekerjaan seberat apapun akan ringan. Dan apabila kerjaan ringan, kita akan lebih mudah dalam meraih prestasi. Dalam perspektif reformasi birokrasi, kesuksesan prestasi seorang pemimpin itu bukan dilihat dari dirinya telah berhasil menyelesaikan pekerjaannya secara individu, akan tetapi kesuksesan pemimpin yang berprestasi itu ketika ia mampu mampu menyelesaikan pekerjaannya melebihi target dan sekaligus mampu menebar virus semangat etos kerja kepada para anggotanya untuk turut berprestasi. Sedangkan Bapak/Ibu sekalian adalah pemimpin dalam majelis hakim”, tutup Ketua. (ADM/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi