pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PACU SPIRIT DI AWAL TAHUN, PA SURAKARTA GELAR RAPAT KOORDINASI SELURUH KOMPONEN APARATUR PERADILAN

 7D1E0473 7C29 408A B357 67D77AEE31E2

Pengadilan Agama Surakarta menggelar rapat koordinasi bulanan di awal tahun yang sekaligus dirangkai dengan pembinaan untuk menyongsong kinerja selama satu tahun kedepan, Rabu (16/1/2020). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh komponen aparatur Pengadilan Agama Surakarta ini diselenggarakan di ruang sidang 2 (dua) Pengadilan Agama Surakarta pada pukul 13.30 WIB. Pada acara tersebut yang bertindak sebagai pemateri adalah Ketua Pengadilan Agama Surakarta dan Panitera, serta dioderatori oleh Sekretaris.

Dalam kesempatan tersebut, Panitera Pengadilan Agama Surakarta Drs. HA. Heryanta Budi Utama mewanti-wanti agar lebih teliti lagi dalam mengetik putusan, akta perceraian, maupun dokumen-dokumen penting lainnya “Bapak/Ibu, mohon untuk diteliti kembali bila mengetik dokumen-dokumen penting, seperti putusan, akta perceraian, dan lainnya. Karena salah sedikit saja, hal itu bisa berakibat fatal. Memang saat ini kita dituntut untuk bekerja cepat sesuai program-program percepatan Badilag, bukan hanya cepat tetapi juga harus tepat. Demi pelayanan publik yang memuaskan”, ungkap Panitera.

Sementara itu, dalam pembinaannya Ketua Pengadilan Agama Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengingatkan agar seluruh pekerjaan yang harus diselesaikan di awal tahun untuk segera diselesaikan tepat waktu, “kepada Bapak/Ibu yang belum menyelesaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan di awal tahun, harus segera diselesaikan sesuai waktunya. Seperti membuat Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) dan tugas-tugas lainnya” ingat Ketua.

Ketua juga menambahkan pentingnya kualitas isi putusan, “Bapak/Ibu, putusan kita terus dimonitor oleh masyarakat, baik dari unsur pengacara maupun akademisi. Kita harus menunjukkan kualitas putusan kita, karena putusan adalah mahkota Peradilan. Untuk itu,  Bapak/Ibu dalam membuat putusan, selain menerapkan Undang-undang, juga harus mencantumkan nash (al-Quran & al-Hadis) dan doktrin pemikiran dari para filsuf hukum. Bapak/Ibu bisa membaca literatur-literatur koleksi perpustakaan kita. Dengan begitu, kualitas putusan kita, kian hari kian meningkat”, motivasi Ketua.

Dalam hal pengawasan, Ketua mengingatkan pentingnya peranan Hawasbid, “bekerja itu harus ada yang mengawasi, karena sehebat apapun kinerja seseorang, pasti tetap ada kurangnya. Nah, di situlah peran Hawasbid untuk memberi masukan. Hawasbid harus melaksanakan tugasnya sesuai waktu, dilaporkan secara periodik dilaporkan ke PTA Semarang,” tegas Ketua.

Menutup acara, Ketua menyampaikan pesan mendalam “Bapak/Ibu, saat ini eranya kerja cepat,  tuntas dan berprestasi. Mahkamah Agung akan menerapkan regulasi promosi dan mutasi Aparatur Peradilan berbasis prestasi. Bagi Peradilan yang menduduki rangking 10 (sepuluh) besar laporan perkaranya, mereka berhak memilih mutasi kemana pun atau menetap di satker yang sama. Sebaliknya, bagi Peradilan yang menduduki rangking 10 (sepuluh) besar dari bawah, maka Aparaturnya harus mempersiapkan mental untuk dimutasi. Untuk itu, jadikanlah regulasi ini sebagai motivasi guna lebih baik lagi dalam bekerja. Kata kuncinya jaga kekompakan, karena kalau kita kompak, pekerjaan seberat apapun akan menjadi ringan. Bila pekerjaan menjadi ringan, kinerja kita menjadi maksimal. Dan bila kinerja kita maksimal, insyallah riski yang kita terima juga akan semakin berkah”, tutup Ketua. (ADM/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi