pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PA SURAKARTA GELAR RAPAT EVALUASI PEMBANGUNAN ZI TAHUN 2020 DAN SEKALIGUS LAUNCHING APLIKASI DRIVE THRU

35AB3981 715D 4D12 9F8D B2D849681D54
Surakarta, (Jumat 17 April 2020) Tim Pembangunan Zona Integritas PA Surakarta melaksanakan rapat koordinasi di ruang sidang II pada pukul 09.00 WIB. Rapat ini untuk membahas evaluasi dokumen ZI tahub 2020 dan dilaksanakan sesuai protokol physical distancing. Adapun rapat ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh karyawan yang masuk dalam Tim Pembangunan Zona Integritas PA Surakarta.

0C72369F EF41 4FCA AF28 DD9FDD18307E
Sebelum memberikan pengarahan, Ketua PA Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengingatkan bahwa “WFH (Work From Home) itu artinya bukan liburan di rumah, tetapi bekerja dari rumah. Jadi Bapak/Ibu tetap harus bekerja sebagaimana mestinya untuk memenuhi beban kerja yang sudah disepakati dengan atasan langsung, kemudian yang dikerjakan dari rumah itu dilaporkan sesuai dengan format pelaporan yang ditentukan oleh Mahkamah Agung dan dikirim untuk diketahui pimpinan secara hierarki”, ingat Ketua.


Sedangkan terkait Pembangunan Zona Integritas, Ketua menyampaikan pengarahan bahwa “prinsip pelayanan kita jangan sampai hilang, harus ditanamkan dalam mindsite masing-masing pegawai prinsip bekerja dengan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan melayani dengan 3S (Senyum, Salam dan Sapa). Kalau zaman dulu mindsite PNS itu justru yang harus apa-apa dilayani, sekarang wajib dibalik, kitalah yang harus melayani, karena memang tugas kita sebagai pelayan masyarakat dalam mensukseskan program-program pemeritahan”, tutur Ketua.

2B6455FD 0355 45B1 9159 5468F7F83C05
Ketua juga menegaskan bahwa setiap koordinator wajib menguasai materi dan sekaligus dapat menjadi figur percontohan Pembangunan Zona Integritas bagi anggota masing masing. Koordinator juga harus mengevaluasi bidangnya masing-masing secara periodik, sehingga perkembangan Pembangunan Zona Integritas dapat dipantu dengan baik.
Ketua menambahkan “Pengendalian grativikasi juga harus diperhatikan, audio peringatan larangan grativikasi harus dibunyikan tiap 1 jam sekali di ruang pelayanan publik, ini penting karena inti ZI selain pelayanan yang memuaskan adalah bersih dan bebas dari korupsi” tambah Ketua.

“Selain itu, guna menjamin kepuasan masyarakat, pegawai PTSP menawarkan kepada masyarakat untuk memberikan saran dan kritik membangun di kotak saran atau formulir riset yang sudah disediakan oleh area V, bila perlu dibuatkan audio, dengan begitu kita dapat terus menerus berbenah dalam melayani masyarakat”, saran Ketua.

Sementara itu, dalam arahannya, Wakil Ketua Drs. M. Danil, M.A. menyampaikan bahwa “untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, khususnya bagi akademisi maupun para peneliti dan wartawan, kita perlu me-link-kan data-data kuantitas perkara dari SIPP ke website, supaya mereka dengan mudah bila akan melakukan penelitian maupun merilis berita. Seperti ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang bernilai, karena bersifat memudahkan layanan masyarakat. Saya juga mengajak Bapak/Ibu untuk giat literasi. Silakan menulis, nanti akan ditampilkan ke website untuk mengedukasi pada masyarakat melalui tulisan”, saran Wakil.

Wakil Ketua juga mengajak agar setiap kita selalu menjaga kekompakan dalam bekerja. Dengan kekompakan, kinerja kita akan terasa ringan.

Di akhir acara tersebut, Ketua PA Surakarta melaunching aplikasi layanan masyarakat yang dinamakan aplikasi “Drive Thru”. Itu semua sebagai wujud tanggung jawab PA Surakarta dalam upaya transparansi dan percepatan pelayanan kepada masyarakat. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi original ke 2 yang ditemukan oleh PA Surakarta setelah aplikasi Simkerja. Berkat ide cemerlang Panitera Drs. Heryanta dan Admin IT Anang Ashari, S.Kom, maka terciptalah aplikasi ini. Berdasarkan penuturan Panitera PA Surakarta, bahwa aplikasi ini ditemukan karena dalam kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini, kita dituntut harus menjaga social distancing, kemudian kondisi WFH yang mengurangi intensitas bekerja di kantor, sementara itu berkas perkara di kantor masih menumpuk. Untuk menanggulangi itu semua, maka terciptalah aplikasi Drive Thru.

Melalui aplikasi ini, para pihak dapat merencanakan pengambilan Akta Cerai yang sudah terbit. Setelah diberitahukan melalui Notifikasi SMS (putusan telah berkekuatan hukum tetap), para pihak dapat mengisi formulir melalui link yang dikirimkan (http://drivethru.pa-surakarta.go.id). Jika para pihak sudah mengisi, maka petugas pengadilan dapat menyiapkan Akta Cerai para pihak. Sehingga ketika pihak datang sesuai dengan tanggal dan jam yang telah diisi, Akta Cerai sudah siap untuk diambil. Dengan demikian, proses pelayanan lebih cepat dan efisien. (Adm/Yusron)

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi