pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

INOVASI TIADA HENTI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Sebagai instansi pelayan publik yang mempunyai jejak histori panjang (baca: Pengadilan Serambi Kasunanan Surakarta), Pengadilan Agama Surakarta dari waktu ke waktu terus berbenah dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat wilayah hukum Kota Surakarta dengan memegang teguh lima motto Pelayanan Prima, yaitu:

  • Profesional
  • Ramah
  • Integritas
  • Motivasi
  • Akuntabel

Ke lima motto tersebut merupakan kristalisasi dari jiwa yang hidup dalam pribadi Pegawai Pengadilan Agama Surakarta sejak dahulu kala, yang kemudian dideklarasikan pada tanggal 5 Mei 2018 sebagai wujud komitmen bersama guna merealisasikan Visi dan Misi Pengadilan Agama Surakarta, yaitu:

  • Visi yaitu terwujudnya peradilan yang agung dan berwibawa berdasarkan putusan yang adil sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang tertib dan damai.
  • Misi yaitu menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang diajukan oleh umat Islam atau di luar Islam yang menundukkan diri di hukum Islam dalam bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, shodaqah, dan ekonomi syariah secara sederhana, cepat dan biaya ringan.

Sepuluh Produk Layanan Prima

Sebagai wujud komitmen layanan prima, Pengadilan Pengadilan Agama Surakarta terus menerus berinovasi untuk berupaya menjadikan pengadilan yang modern, memberikan kemudahan layanan dan transparan serta terukur. Berikut ini adalah 10 inovasi layanan prima Pengadilan Agama Surakarta:

1). Layanan Aplikasi Simpel (Sistem Informasi dan Manajemen Pelayanan)

Sesuai dengan namanya yang mengandung maksud mudah alias tidak ruwet adalah, sebuah inovasi antrian layanan yang outputnya register layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Posbakum (Pos Bantuan Hukum). Seluruh data pengunjung dan jenis layanan yang dibutuhkan serta penyelesaian layanan yang diberikan oleh pengadilan terdokumentasikan secara digital. Disamping itu untuk deteksi dini terhadap hal-hal yang tidak di inginkan, misalnya seperti percaloan perkara. Aplikasi ini telah dilaunching dan digunakan secara resmi pada tanggal 4 Mei 2020.

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.04.42

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.05.17

 

2). Layanan Aplikasi Hik_Smart

Aplikasi ini mempermudah kita untuk melakukan antrian sidang secara online melalui Android yang smart, melalui aplikasi ini pula kita juga dapat mengakses tahapan sidang serta informasi keuangan perkara. Sehingga Transparansi persidangan mudah tersaji. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 2 Oktober 2019.

hik

3). Layanan Aplikasi Landipa (layanan digital pengadilan)

Adalah pengembangan dari Hik_Smart. Aplikasi ini diciptakan sebagai upaya untuk mendukung kebijakan Dirjen Badilag. Sistem layanan aplikasi ini cakupannya lebih luas dan juga menjadi inovasi layanan bersama Pengadilan Agama se Soloraya. Aplikasi ini sangat bermanfaat khususnya bagi advokat yang mempunyai beberapa perkara yang akan disidangkan dalam tanggal yang sama pada Pengadilan Agama di wilayah Soloraya, melalui aplikasi ini, maka para advokat dapat melakukan antri sidang secara online serta memilih nomor urut di masing masing pengadilan dalam waktu yang bersamaan. Disamping itu, masih terdapat informasi dan menu layanan lain pada sistem ini, misalnya pembuatan gugatan mandiri, Validasi Akta Cerai dan lain lain. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 6 Januari 2020.

landipa

4). Layanan Aplikasi E_Instrumen

Ini adalah aplikasi instrumen digital tundaan sidang dan atau pemberitahuan isi putusan dari Tim Majelis kepada Jurusita. Melalui aplikasi ini, begitu sidang dinyatakan selesai, seketika perintah dapat diunduh oleh Jurusita. Aplikasi ini untuk menjawab tantangan percepatan penyelesain perkara dan one day minut one day publis dan one day servis. Aplikasi ini telah dilaunching dan digunakan secara resmi pada tanggal 4 Mei 2020.

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.06.11

5). Layanan Aplikasi E_Valac

Ini adalah layanan validasi akta cerai. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan kros cek dari data akta cerai yang terintegrasi dengan data di SIPP (Sistem Informasi Pelayanan Publik). Disamping pemegang akta cerai dapat melakukan validasi data, lebih khusus kepada instansi terkait, misal : Kantor Urusan Agama (Kemenag) dan Dispendukcapil & Kantor Kelurahan (Pemerintah Kota). Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 6 Januari 2020.

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.07.13

6). Layanan Aplikasi Drive Thruu

Inovasi ini lahir di masa pandemi covid_19 yang mengharuskan jaga jarak dan menghindari kerumunan. Melalui aplikasi ini, para pihak dapat merencanakan pengambilan akta cerai yang sudah terbit. Setelah diberitahukan melalui notifikasi SMS, para pihak dapat mengisi formulir melalui link yang dikirimkan. Jika para pihak sudah mengisi, maka petugas pengadilan dapat menyiapkan akta cerai para pihak. Sehingga ketika pihak datang sesuai dengan tanggal dan jam yang telah diisi, akta cerai sudah siap untuk diambil. Dengan demikian, proses pelayanan lebih cepat dan efisien. Sebagaimana slogannya yaitu layanan setengah menit. Aplikasi ini terus dikembangkan, saat ini kami sedang menggagas  layanan pesan antar. Aplikasi Drive Thruu telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 17 April 2020.

drive

7). E_Kuasa

Merupakan layanan registrasi surat kuasa secara online. Terutama perkara e-court maupun surat kuasa lanjutan dari perkara yang sudah dalam proses. Polanya sama dengan Aplikasi Drive_Thruu yaitu, aplikasi ini menginformasikan kapan mau meregister surat kuasanya. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 18 Mei 2020.

kuasa

8). Layanan Aplikasi E_Integrasi

Aplikasi ini dilauncing pada tanggal 3 Desember 2019. Aplikasi ini merupakan layanan terintegrasi Pengadilan Agama dan Dispendukcapil Kota Surakarta. Ini adalah layanan aplikasi terpadu, dimana layanan ini bertujuan untuk para pencari keadilan yang sudah keluar akta cerainya secara otomatis status dalam KTP (Kartu Tanda Penduduk) akan berubah dan KK (Kartu Keluarga) juga langsung terpecah. Sehingga para pencari keadilan dapat langsung mengambil KTP dan KK tanpa antri dan gratis di Dispendukcapil Kota Surakarta.

integrasi

 

9). Layanan Aplikasi E_Delegasi

Merupakan sistem monitoring kinerja Jurusita terkait panggilan delegasi dari dan ke Pengadilan luar kota berdasarkan basis data di SIPP, bahkan jika Pengadilan pengaju belum update di SIPP, data terekap menjadi satu dan Juru Sita Pengganti mendapat kemudahan cetak relas otomatis dari sistem tersebut. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 10 Oktober 2019.

WhatsApp Image 2020 05 27 at 13.08.02

10). Layanan Aplikasi Sim_Kerja (Sistem informasi dan monitoring kinerja)

Aplikasi ini merupakan tata kelola serta monitoring kinerja dari beberapa sistem (inovasi yang ada) dan juga monitoring kinerja Tim Majelis Panitera Pengganti serta Jurusita. Aplikasi ini juga dapat dijadikan sebagai media pusat layanan informasi petugas PTSP kepada masyarakat pencari keadilan ataupun masyarakat umum manakala membutuhkan data perkara, statistik perkara, bagi wartawan dan mahasiswa. Aplikasi ini telah dilaunching secara resmi dan digunakan sejak tanggal 10 Oktober 2019.

simker

 

Sarana Publikasi Pengadilan Agama Surakarta

Selain mempunyai 10 inovasi layanan aplikasi, PA Surakarta juga terlibat aktif dalam memberikan informasi seputar aktivitas kantor kepada masyarakat. Transformasi informasi tersebut, disajikan melalui media website, facebook dan instagram. Melalui publikasi tersebut, masyarakat dapat secara aktif memberikan masukan untuk kemajuan pelayanan bagi PA Surakarta. Berikut ini adalah alamat layanan informasi PA Surakarta:

a). Website Pengadilan Agama Surakarta : http://www.pa-surakarta.go.id/

web

b). Facebook Pengadilan Agama Surakarta : @Pengadilan Agama Surakarta

fb

c). Instagram Pengadilan Agama Surakarta : @ pasurakarta

ig

Demikian ini adalah seputar informasi inovasi tiada henti PA Surakarta. Secerca harapan dari para Aparatur Pengadilan Agama Surakarta untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pencari keadilan maupun masyarakat umum lainnya, karena kepuasan masyarakat adalah kepuasan kami juga. (Adm/Yusron)

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi