pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

HAKIM TINGGI PENGAWAS PTA SEMARANG MELAKUKAN PEMBINAAN TERKAIT TEKNIK PERCEPATAN PENYUSUNAN PUTUSAN SEKALIGUS EVALUASI KINERJA ASN OLEH KABAG KEPEGAWAIAN

WhatsApp Image 2020 06 05 at 09.36.35

Surakarta, Jumat 5 Mei 2020 | Pengadilan Agama Surakarta pagi ini mempunyai beberapa agenda menarik. Tidak seperti biasanya para pegawai melakukan senam pagi, sebagian pegawai sibuk melakukan kegiatan pengelolaan arsip inaktif di ruang pengarsipan, sebagian hakim melakukan sidang tunggal perkara dispensasi perkawinan, sebagian yang lain mengikuti evaluasi kinerja pegawai oleh Kabag Kepegawaian PTA Semarang Suparijanto Sigit, S.H., M.M. dan pembinaan teknik percepatan penyusunan putusan oleh Hakim Tinggi PTA Semarang H. Sarwohadi, S.H., M.H., kegiatan percepatan penyelesaian perkara pada pagi hari ini dilaksanakan di ruang media center. Kegiatan ini diikuti oleh para Hakim, Wakil Ketua dan Ketua PA Surakarta.

WhatsApp Image 2020 06 05 at 09.36.37

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk mendukung reformasi birokrasi guna mempermudah misi peradilan yaitu peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan. Kegiatan seperti ini dilaksanakan secara periodik, baik oleh Hakim Pengawas dari PTA Semarang maupun oleh Ketua PA Surakarta. Seiring dengan semangat Mahkamah Agung dan Direktorat Jenderal Peradilan Agama menggalakkan program percepatan pelayanan, kini Pengadilan Agama juga turut mendukung program tersebut. Untuk perkara-perkara biasa, seperti perkara cerai gugat dan cerai talak dalam kota serta perkara permohonan dispensasi, maksimal dalam satu bulan diusahakan harus putus. Program percepatan ini terus dilakukan evaluasi guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

WhatsApp Image 2020 06 05 at 11.39.44

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, di samping pembinaan oleh Hakim Tinggi Pengawas, Pengawas Bidang PTA Semarang juga melakukan evaluasi kinerja pegawai. Pengawasan kepegawaian pagi ini dilaksanakan oleh Kabag Kepegawaian PTA Semarang. Adapun tujuan dari evaluasi kinerja kepegawaian ini untuk meningkatkan kedisiplinan pegawai.

Disiplin sangat diperlukan dalam mendukung lancarnya pelaksanaan pekerjaan pada suatu organisasi. Disiplin yang baik mencerminkan besarnya tanggung jawab seseorang terhadap tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Hal ini mendorong gairah kerja, semangat kerja, dan terwujudnya tujuan organisasi. Guna mewujudkan tujuan organisasi yang harus segera dibangun dan ditegakkan adalah kedisiplinan pegawainya. Jadi, kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuan.

Pada instansi pemerintah disiplin kerja merupakan modal yang penting yang harus dimiliki oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebab menyangkut pemberian pelayanan publik. PNS merupakan unsur utama sumber daya manusia aparatur negara yang mempunyai peranan dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. PNS harus mempunyai sikap disiplin yang tinggi, kinerja yang baik serta sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental baik, profesional, sadar akan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

PNS sebagai unsur Aparatur Negara dalam menjalankan roda pemerintahan dituntut untuk melaksanakan tugas, pokok dan fungsinya, serta menjunjung tinggi martabat dan citra kepegawaian demi kepentingan bangsa dan negara. Agar menjadi pegawai yang handal, profesional, dan bermoral, seorang PNS harus mampu memperbaiki sikap mental disiplin kerja dan termotivasi untuk meningkatan efektifitas kinerja. Beberapa indikator yang harus ditingkatkan antara lain meliputi pelaksanaan disiplin kerja dengan mematuhi dan menaati peraturan disiplin dan disiplin kerja, rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan, serta produktivitas kerja yang berdaya guna. (Adm/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi