pasurakarta

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.
Zona Integritas

PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

Kami umumkan bahwa alamat email Pengadilan Agama Surakarta terkait DELEGASI PANGGILAN telah berubah menjadi kepaniteraan.paska@gmail.com, adapun email yang dikirimkan selain alamat tersebut tidak dapat kami proses.
PERUBAHAN EMAIL DELEGASI

INOVASI PELAYANAN

menampilkan informasi umum Pengadilan Agama Surakarta serta informasi perkara, seperti Jadwal Sidang, Antrian Sidang Online, BIaya Perkara dll
INOVASI PELAYANAN

Aplikasi SIPP

Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), merupakan aplikasi administrasi dan penyediaan informasi perkara baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara melalui aplikasi ini.
Aplikasi SIPP

Prosedur Berperkara

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Prosedur Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
Prosedur Berperkara

BIAYA PERKARA

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk melihat Biaya Berperkara pada Pengadilan Agama Surakarta
BIAYA PERKARA

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
e-Court Mahkamah Agung RI
  • Sistem Informas Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Marhaban Ya Ramadhan, bulan yang penuh berkah, dimana pahala bisa berlipat ganda di bulan ini. Marilah berlomba-lomba berbuat kebaikan dan jauhi hal-hal yang dapat membuat dosa. | Budaya Kerja | 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) 3 S (Senyum, Salam dan Sapa).
Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PA SURAKARTA FASILITASI PEMERIKSAAN TAMBAHAN PERKARA TINGKAT BANDING PTA SEMARANG MELALUI TELEKONFEREN DI RUANG MEDIA CENTER

WhatsApp Image 2020 07 09 at 10.39.38 6

Surakarta, | Pengadilan Agama Surakarta memfasilitasi Pengadilan Tinggi Agama Semarang terkait pemeriksaan saksi tambahan dalam perkara tingkat banding di ruang media center, pada Kamis (9/7/2020).

Pengaruh revolusi industri 4.0 yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi telah banyak membawa perubahan luar biasa dalam pola hidup manusia dewasa ini. Pengaruh revolusi ini nampaknya juga merambah ke penataan dan praktek peradilan di Indonesia. Oleh sebab itu tepatnya pada tanggal 13 Juli 2018, Mahkamah Agung telah melaunching aplikasi e-court di Balikpapan. Kebijakan tersebut ditindaklanjuti dengan berbagai aplikasi pendukung lainnya bermunculan bak jamur di musim penghujan, salah satunya adalah aplikasi media center. Aplikasi pendukung tersebut terlahir baik dari program resmi Mahkamah Agung dan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama maupun secara inisiatif dari tangan-tangan terampil ASN di Pengadilan Agama.

Pengadilan Agama Surakarta dalam mensikapi kebijakan Mahkamah Agung dalam rangka percepatan penyelesaian perkara, kenyamanan semua pihak, ketepatan dan transparansi,  telah banyak melahirkan aplikasi-aplikasi pendukung. Setidaknya hingga detik ini sudah terdapat 11 aplikasi inovasi pelayanan publik yang dilahirkan oleh PA Surakarta. Upaya ini tidak lain hanyalah demi terciptanya misi peradilan sebagaimana yang tertuang dalam Pasal 2 ayat (4) UU No. 48 Tahun 2009 yaitu Peradilan dilakukan dengan sederhana, cepat, dan biaya ringan.

Pemeriksaan tambahan perkara oleh Majelis Tingkat Banding PTA Semarang melalui fasilitas teleconference di ruang media center Pengadilan Agama Surakarta tersebut, merupakan wujud nyata dari manfaatn teknologi yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung. Manfaat lain yang dapat dirasakan dari teknologi teleconference ini secara kedinasan dapat dijadikan sebagai sarana koordinasi antara Mahkamah Agung dengan Badan Peradilan di bawahnya.

Agenda yang digelar pada siang ini adalah pemeriksaan saksi tambahan yang merupakan bagian dari pemeriksaan oleh pengadilan judex facti. Pengadilan judex facti di Indonesia adalah Pengadilan Tingkat Pertama dan Tingkat Banding. (ADM/Yusron)

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com | pasurakarta@yahoo.com 

Peta Lokasi