Menu Utama

Prosedur Berperkara

Apakah anda pihak yang akan berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta? Berikut kami sajikan bagaimana prosedur berperkara di Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Panjar Biaya Perkara

Setelah anda mengetahui bagaimana Prosedur Berperkara, berikut kami sajikan besarnya Panjar Biaya Perkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Maklumat Pelayanan

Apakah anda sedang berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta ? Mohon diperhatikan tentang maklumat pelayanan kami. Klik disini

 

 

 

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH

PELANTIKAN DAN PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN KEPALA SUB BAGIAN

PERENCANAAN, TEKNOLOGI INFORMASI DAN PELAPORAN

 

Selasa, 01 Agustus 2017

 

Pada hari ini, tepat pukul 13.30 waktu Surakarta, Ketua Pengadilan Agama Surakarta, Bapak Drs. Abdul Qodir, SH, MH. melantik dan mengambil sumpah jabatan kepala sub bagian Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan, atas nama Sdri. Diana Rulianti, S.Kom. Sesuai surat keputusan dari sekretaris Mahkamah Agung RI ybs dimutasikan dari staf umum dan keuangan pada Pengadilan Agama Wonogiri ke Pengadilan Agama Surakarta.

  010817-1

 

Acara pelantikan berjalan hikmad dan lancar, dengan pembawa acara Sdri. Korizah Triahany, SH. Selain dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai Pengadilan Agama Surakarta acara juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Agama Wonogiri, Bapak Drs. H. Suwoto, SH, MH,. beserta rombongan.

 

010817-2

 

010817-3

010817-4

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan yang didampingi para saksi dan rohaniwan selesai, Ketua Pengadilan Agama Surakarta menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan tersebut beliau mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung, beliau berharap dengan tambahan personil ini dapat memperkuat kinerja instansi dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat pencari keadilan.

 

Acara diakhiri dengan ucapan selamat kepada Sdri. Diana Rulianti, S.Kom didampingi suami, Sdra. Hendryk Wibowo DL, SH oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Surakarta, Ketua Pengadilan Agama Wonogiri beserta rombongan, para Hakim, pejabat struktural dan fungsional serta seluruh hadirin.

Kesaktian Pancasila

UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA TAHUN 2017  

 DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

 

 

 

 

Keluarga besar Pengadilan Agama Surakarta pada hari Kamis tanggal 01 Juni 2017 menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bapak Drs. Abdul Qodir, SH. MH. Ketua Pengadilan Agama Surakarta,  dan di ikuti Wakil Ketua, para Hakim, seluruh Pegawai, serta para Tenaga Honorer.

 

 

 

Upacara yang dimulai pada pukul 07.45 WIB adalah sebagai tindak lanjut dari Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 204/SEK/HM.01.2/5/2017 tanggal 26 Mei 2017.

Dalam pelaksanaan upacara tersebut Ketua Pengadilan Agama Surakarta membacakan Sambutan Presiden RI Dalam Rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 – 1 Juni 2017 yang inti dari Pidato tersebut adalah Komitmen Pemerintah bersama seluruh komponen bangsa untuk memperkuat pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sehingga faham-faham yang radikal serta PKI tidak ada tempat lagi untuk berpijak di bumi Pertiwi.

 

 

 

 

      

 

 

 

 

 

 

Rapat dan Pelantikan

RAPAT DINAS,

PENGAMBILAN SUMPAH JABATAN DAN PELANTIKAN,

SERTA PISAH SAMBUT PANMUD HUKUM

PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

 

 

 

Memasuki tahun anggaran 2017 Pengadilan Agama Surakarta menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya :

 

Rapat Dinas Rutin Bulan Januari 2017

 

        

 

 

 

 

 

 

 

           Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa siang tanggal 24 Januari 2017 yang dihadiri oleh segenap Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta.

 

         Dalam sambutan sekaligus pengarahanya Ketua Pengadilan Agama Surakarta mengajak kepada segenap peserta rapat untuk melakukan evaluasi terhadap pekerjaan yang telah dilaksanakan selama tahun 2016, kemudian dari evaluasi itu apabila ditemukan kendala kita cari jalan keluar yang terbaik sehingga ada peningkatan kinerja di tahun 2017.

 

         Beliau juga mengajak untuk menyempurnakan program kerja tahun 2017 dengan cara mengadakan rapat panel komisi yang telah kita bentuk, sehingga kesempurnaan program kerja tersebut bisa maksimal dan sesuai dengan anggaran dipa yang ada.

 

         Bapak Ketua juga menegaskan adanya upaya untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat pencari keadilan, jangan sampai ada yang mempersulit maupun mempermudah suatu perkara dengan janji atau alasan yang tidak dibenarkan oleh Undang-Undang.

 

         Kegiatan akhir dari rapat tersebut, adalah penyampaian kritik dan saran oleh peserta rapat kepada semua Pejabat, baik di Kepaniteraan maupun di Kesekretariatan, dan diharapkan dengan adanya kritik dan saran tersebut ada peningkatan yang positif terhadap tanggung-jawabnya masing-masing, kemudian setelah penyampaian kritik dan saran dilanjutkan dengan perencanaan kegiatan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Muda Hukum serta pisah sambut yang akan dilaksanakan Hari Jum’at tanggal 27 Januari 2017.

 

 

 

Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan serta Pisah Sambut Panmud Hukum

 

        

 

         Hj. Istriyah, S.H. yang diambil sumpah jabatanya dan dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Surakarta (Drs. Abdul Qodir, S.H., M.H.) sebagaimana surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 3516/DjA/KP.04.6/SK/12/2016 tanggal 14 Desember 2016 yang semula menduduki Jabatan Panitera Muda Gugatan pada Pengadilan Agama Boyolali yang sekarang dijabat oleh Drs. H. Arief Rokhman, hal ini sesuai dengan surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 3515/DjA/KP.04.6/SK/12/2016 tanggal 14 Desember 2016.

 

         Dalam sambutanya Ketua Pengadilan Agama Surakarta menyampaikan ucapan “selamat” kepada Pejabat yang baru dilantik maupun yang mutasi, karena pada hakikatnya mutasi jabatan ini adalah reposisi jabatan yang positif saling menguntungkan, sehingga kedepannya akan membawa kemaslahatan bersama.

 

         Selanjutnya Bapak Ketua menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pejabat yang mutasi atas dedikasinya selama ini, dan mohon maaf apabila ada kesalahan baik secara pribadi maupun mewakili keluarga besar Pengadilan Agama Surakarta dan semoga lebih gairah lagi dalam menjalankan tugasnya karena dekat tempat tinggalnya, sedangkan untuk Pejabat yang baru dilantik (Hj.Istriyah) kami ucapkan selamat menduduki jabatan Panmud Hukum di PA Surakarta, semoga bertambah giat dan semangat karena energinya tidak terkuras di transportasi karena lebih dekat dengan domisili.

 

         Acara diakhiri dengan pemberian tali asih, dan ucapan selamat kepada kepada Pejabat yang dilantik maupun yang mutasi, dengan iringan do’a mudah-mudahan membawa barokah, Aamiin.

 

Mahasiswa UMS Praktik

PRAKTIK PERADILAN MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

DI PENGADILAN AGAMA SURAKARTA

Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta melaksanakan kegiatan Praktik Peradilan di Pengadilan Agama Surakarta.

Pelaksanaan kegiatan tersebut di rencanakan berlangsung dari tanggal 31 Januari 2017 s/d tanggal 18 Februari 2017 dengan mengusung tema “Hukum Islam dan Implementasinya dalam Masyarakat Indonesia”.

Materi praktik peradilan yang disampaikan oleh Hakim Pembimbing meliputi :

  1. Administrasi Perkara;
  2. Hukum Formil;
  3. Hukum materiil;
  4. Melihat persidangan;
  5. Praktik persidangan semu.

Dalam acara Penerimaan dan Pelepasan Mahasiswa gelombang I, Ketua Pengadilan Agama Surakarta menyampaikan ucapan terima kasih dan permohonan maaf kepada Dekan Fakultas Agama Islam UMS, Kaprodi Hukum Ekonomi Syariah, Dosen Pembimbing, serta para Mahasiswa, atas keterbatasan sarana maupun prasarana yang ada di Pengadilan Agama Surakarta dan semoga pengalaman yang diperoleh selama kegiatan ini dapat dikembangkan dikemudian hari.

Register dan Arsip Elektronik Segera Diberlakukan di Peradilan Agama

Register dan Arsip Elektronik Segera Diberlakukan di Peradilan Agama

Jakarta l badilag.mahkamahagung.go.id

Tidak lama lagi, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama memberlakukan penggunaan register dan arsip elektronik untuk keperluan administrasi perkara di lingkungan peradilan agama.

 

Saat ini, Ditjen Badilag telah rampung menyusun Standar Pengelolaan Register dan Kearsipan Perkara di Lingkungan Peradilan Agama. Regulasi tersebut secara resmi akan diberlakukan bersamaan dengan terbitnya Buku II Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Peradilan Agama edisi revisi 2016.

 

Dalam regulasi itu dinyatakan, register perkara nanti berbentuk elektronik. Namun, dalam masa transisi, seluruh pengadilan di lingkungan peradilan agama masih harus menggunakan register kertas sebagaimana berjalan selama ini. Batas masa transisi itu belum ditentukan.

 

Mengenai kearsipan perkara, regulasi tersebut mengatur penggunaan tiga jenis arsip, yakni arsip kertas, arsip elektronik dan arsip alih media. Arsip kertas ialah arsip perkara seperti putusan dan berita acara sidang yang selama ini ditaruh di ruang arsip. Arsip elektronik ialah arsip berbentuk dokumen elektronik yang dihasilkan SIPP. Sementara itu, arsip alih media ialah arsip berupa hasil pemindaian (scan) terhadap arsip kertas.

Kasubdit Bimbingan dan Monitoring Direktorat Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Subeno Trio Leksono, S.H., M.H. mengatakan, Standar Pengelolaan Register dan Kearsipan Perkara di Lingkungan Peradilan Agama itu akan diteruskan kepada Tim Pengembang SIPP MA pada pekan ini.

 

Harapannya, Tim Pengembang SIPP MA dapat segera membuat pelbagai template untuk mengakomodasi elektronisasi register dan arsip perkara di lingkungan peradilan agama.

“Nanti, jika kita ingin membuat berbagai register, cukup dengan menggunakan SIPP,” ujarnya.

 

Di lingkungan peradilan agama, regulasi mengenai register perkara yang berlaku saat ini adalah Buku Pola Pembinaan dan Pengendalian Administrasi Perkara atau Pola Bindalmin (edisi 2007) dan Buku II Pedoman Pelaksanaan Tugas dan Administrasi Peradilan Agama (edisi 2013).

 

Di Buku Pola Bindalmin dinyatakan, register perkara “bernilai yuridis dan pembuktian sebagai akta authentik”. Penafsirannya, register perkara harus berbentuk dokumen kertas yang ditulis tangan.

Sejak 1991, ketika Pola Bindalmin mulai diberlakukan, jumlah register perkara terus bertambah. Semula, hanya ada 11 register perkara di PA/MS. Kini, berdasarkan Buku II, jumlahnya menjadi 17 register perkara. Satu register perkara ada yang terdiri dari 29 kolom. Itupun, beberapa kolom masih dirinci-rinci lagi.

[hermansyah]

Subcategories

Jadwal Sidang

Pimpinan

Drs. ABDUL QODIR, SH.MH | Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Drs. MAHMUDDIN, SH.MH | Wakil Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Dra. Hj. CHAIRIYAH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. H. MAKMUN, M.H. | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. JAYIN, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
H. ZUBAIDI, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Elis Rahmahwati, SHI., S.H., M.H,.| Hakim Pengadilan Agama Surakarta
M. MUNIR, SH, MH | Panitera Pengadilan Agama Surakarta
ICHWAN FIRMANSYAH ASSIDIQI, S.Ag | Sekertaris Pengadilan Agama Surakarta

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Badan Peradilan Agama

SIPP - MA

SIWAS

PTA Semarang