logo mahkamah agung website ramah difable

FGD UJI PUBKLIK RENSTRA DISPENDUKCAPIL SURAKARTA

PA SURAKARTA MENGIKUTI FGD UJI PUBLIK RENSTRA

TAHUN 2016-2021 DISPENDUKCAPIL KOTA SURAKARTA

Surakarta, 28 Agustus 2017

Pemerintah kota Surakarta dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengadakan FGD (Forum Group Discussion) dalam rangka uji publik RENSTRA tahun 2016-2021 (revisi) yang digelar hari ini, bertempat di Hotel Megaland jalan Slamet Riyadi, Surakarta. Acara dimulai pukul 10.00 pagi dihadiri oleh 32 perwakilan instansi terkait secara vertical. Ketua Pengadilan Agama Surakarta yang berhalangan hadir dikarenakan adanya audit pemeriksanaan dalam rangka serah terima jabatan ketua, memerintahkan kasubag perencanaan, teknologi informasi dan pelaporan yang berkaitan erat dengan RENSTRA untuk menghadiri acara tersebut.

Pemateri yaitu kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota Surakarta menyampaikan rencana strategis dispendukcapil yang memiliki tujuan “mewujudkan kualitas layanan administrasi kependudukan dan catatan sipil yang menjangkau seluruh penduduk”. Dispendukcapil telah bekerja sama dengan dishub kominfo dalam pembuatan aplikasi e-Kelurahan yang mana aplikasi ini terintegrasi dengan database SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) yang kedepannya akan dikembangkan agar juga bisa terintegrasi dengan stakeholders yang membutuhkan data kependudukan, seperti contoh instansi kesehatan, perbankan, dll. Acara ini diharapkan dapat memberikan efek positif kepada masyarakat karena dari perwakilan stakeholders yang hadir juga memberikan masukan permasalahan yang dihadapi penduduk kota Surakarta, sebagai contoh sulitnya mengurus akte kematian dan sulitnya mengetahui jumlah penganut agama Khonghucu karena tidak tercantum di KTP.

Dispendukcapil kota Surakarta sedang menguji coba aplikasi yang berkaitan dengan pengurusan akte kematian, aplikasi ini mulai digunakan di 5 kelurahan, yaitu kelurahan Jebres, Semanggi, Pajang, Serengan dan Kadipiro. Nantinya setelah menerima laporan dari RT maupun ahli waris, kelurahan dapat mencetak langsung akta kematian tersebut beserta surat dukacita dan akan diantar oleh petugas kelurahan kekediaman ybs.

Program yang juga telah berjalan adalah pencatatan data penduduk yang diambil dari anak-anak usia kelas 1 sekolah dasar. Data ini kemudian digunakan untuk membuat KTP anak tersebut ketika telah berusia 17 tahun. Pemerintah Kota Surakarta akan mengirimkan surat panggilan untuk mengambil KTP tersebut bersamaan dengan ucapan selamat ulang tahun.

Dari program-program yang telah direncanakan oleh Pemerintah Kota Surakarta dalam hal ini dispendukcapil, Pengadilan Agama Surakarta mewakili stakeholders dan masyarakat pada umumnya mengharapkan untuk kedepan pelayanan oleh pemerintah kepada masyarakat akan semakin baik lagi.

Add comment

Terima Kasih Sudah Berkomentar dengan Baik


Security code
Refresh


Sistem Informasi Penelusuran Perkara

TypographyDengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Nomor 3/DJU/HM02.3/6/2014 tentang Administrasi Pengadilan Berbasis Teknologi Informasi maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.3), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal pengadilan, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Lebih Lanjut

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi

Pencarian Peraturan Perundangan, Kebijakan Peradilan dan Yurisprudensi Pencarian cepat data Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Mahkamah Agung Republik Indonesia

 

LPSE

TypographyLayanan Pengadaan Secara Elektronik Mahkamah Agung RI.

Kunjungi

E-LEARNING

TypographyE-Learning Mahkamah Agung RI

Kunjungi