Tata Cara Pengaduan

Prosedur Berperkara

Apakah anda pihak yang akan berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta? Berikut kami sajikan bagaimana prosedur berperkara di Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Panjar Biaya Perkara

Setelah anda mengetahui bagaimana Prosedur Berperkara, berikut kami sajikan besarnya Panjar Biaya Perkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta. Klik disini

Maklumat Pelayanan

Apakah anda sedang berperkara di kantor Pengadilan Agama Surakarta ? Mohon diperhatikan tentang maklumat pelayanan kami. Klik disini

 

 

 

Tata Cara Pengaduan

Prosedur Pengaduan di Pengadilan Agama Surakarta

Untuk tercapainya Pengadilan Agama Surakarta menjadi lembaga peradilan yang bersih, berwibawa, transparan dan akuntabel. Apabila anda menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan layanan kami ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan peradilan dan perbuatan serta tingkah laku aparat peradilan di Pengadilan Agama Surakarta, silahkan Anda sampaikan kepada kami baik datang di kantor Pengadilan Agama Surakarta Jl. Veteran No. 273 Surakarta maupun melalui forum Pengaduan Online yang telah disediakan dalam website ini. 
terima kasih.

PROSEDUR PENGADUAN

Bagi para pencari keadilan yang merasa tidak puas atau dirugikan atas pelayanan kami, dapat menyampaikan kepada kami, dengan ketentuan sebagai berikut :

SYARAT PENGADUAN

  • Pengadu harus mencantumkan dan memiliki:
    • Identitas jelas, meliputi: nama, alamat dan conact person / no telp
    • Menyampaikan/membawa/melampirkan data serta bukti-bukti yang dapat dipertaggungjawabkan secara hukum
  • Hal-hal yang perlu diadukan dan yang akan diproses dalam menu pengaduan di Pengadilan Agama Surakarta adalah sebagai berikut:
    1. Pelayanan
      • Pelayanan proses berperkara di Pengadilan Agama Surakarta;
      • Pelayanan persidangan di Pengadilan Agama Surakarta;
      • Mal administrasi yaitu terjadi kekeliruan, kesalahan atau kelalaian yang bersifat adminstrasi;
    2. Pelanggaran
      • Pelanggaran disiplin kerja pegawai Pengadilan Agama Surakarta;
      • Pelanggaran  pelaksanaan tugas pejabat Pengadilan Agama Surakarta;
      • Perselisihan/pertengkaran yang menyangkut petugas / pegawai pengadilan;
      • Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja atau kelalaian dan ketidak pahaman;
    3. Pungutan Liar
      • Pungutan Liar oleh Petugas di kantor Pengadilan Agama Surakarta;
      • Pungutan Liar oleh Petugas di Luar Kantor Pengadilan Agama Surakarta.

LAYANAN PENGADUAN

Seluruh pengaduan yang berkenaan dengan persoalan tersebut di atas dapat disampaikan melalui beberapa cara, antara lain:

  1. Datang langsung ke Pengadilan Agama Surakarta pada setiap hari kerja Senin s/d Kamis pukul 07.30 s/d 16.00 WIB ; Jumat pukul 07.30 s/d 16.30 dan mengadukan persoalan baik secara langsung (berbicara) atau tertulis yang di tujukan kepada Ketua Pengadilan Agama Surakarta dengan menjelaskan dan sedapat mungkin membawa bukti-bukti yang dapat menguatkan aduannya tersebut. Apabila pengaduan dikirim melalui pos dalam amplop tertutup, maka harus disebutkan secara jelas bahwa isi amplop tersebut adalah surat pengaduan dengan menulis kata “PENGADUAN PADA PENGADILAN AGAMA SURAKARTA” di bagian kiri atas amplop ;
  2. Melalui telepon atau fax di 0271 - 636270
  3. Menyampaikan pengaduan melalui email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  4. pintu masuk ruang tunnggu kantor Pengadilan Agama Surakarta.

PENERIMAAN PENGADUAN

  1. Pengadilan Agama Surakarta akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis.
  2. Pengadilan Agama Surakarta akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan.
  3. Pengadilan Agama Surakarta akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis.
  4. Pengadilan Agama Surakarta hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor.
  5. Pelapor sedapat mungkin menyantumkan identitas dan mengirimkan atau menyertakan bukti yang dapat menguatkan adannya tersebut.namun demikian selama infromasi dalam pengaduan benar dan memiliki dasar yang kuat, pengaduan tersebut akan tetap di tindak lanjuti walaupun tidak mencantumkan identitas ( 076/KMA/SK/VI/2009 Bab VIB poin 2)
  6. Setiap data dan identitas yang diberikan oleh pelapor akan dirahasiakan.

 

Jadwal Sidang

Pimpinan

Drs. ABDUL QODIR, SH.MH | Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Drs. MAHMUDDIN, SH.MH | Wakil Ketua Pengadilan Agama Surakarta
Dra. Hj. CHAIRIYAH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. H. MAKMUN, M.H. | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Drs. JAYIN, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
H. ZUBAIDI, SH | Hakim Pengadilan Agama Surakarta
Elis Rahmahwati, SHI., S.H., M.H,.| Hakim Pengadilan Agama Surakarta
M. MUNIR, SH, MH | Panitera Pengadilan Agama Surakarta
ICHWAN FIRMANSYAH ASSIDIQI, S.Ag | Sekertaris Pengadilan Agama Surakarta

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Badan Peradilan Agama

SIPP - MA

SIWAS

PTA Semarang