pasurakarta

KPTA JATENG CUP X 2024

KPTA JATENG CUP X 2024

Seluruh Jajaran Pimpinan dan Pegawai Pengadilan Agama Surakarta mengucapkan Selamat Mengikuti Pertandingan Tennis KPTA JATENG CUP X 2024
KPTA JATENG CUP X 2024

Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Selamat Datang di Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Layanan Digital Pengadilan Agama

Layanan Pengadilan Agama dalam genggaman Anda
Layanan Digital Pengadilan Agama

Penuhi Hak Anda

Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, dapat merugikan diri sendiri.
Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, tidak mempercepat proses perkara.
Penuhi Hak Anda

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Bagi Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lain untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan secara online (E-Litigasi).
e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

ADIPASKA

Inovasi Layanan Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta
ADIPASKA
 

------------------------------ INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA SURAKARTA -------------------------

  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara serta menampilkan status persidangan yang sedang berlangsung.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Budaya Kerja | 5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

 

Analysis

 


Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

DO’A PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

Tulisan oleh : Drs. H. Nurul Azis Shohibul Izzah

 

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Surakarta pada pukul 08.00 di halaman kantor kemaren membuka kembali memori kita akan peristiwa sadis yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 yaitu Gerakan 30S PKI. Peristiwa ini melukai kehidupan masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat dan berdasarkan Pancasila. PKI menculik dan menyiksa bahkan membunuh jenderal-jenderal TNI kemudian memasukkan jasad mereka di sebuah sumur yang dikenal sebagai Lubang Buaya. Kekejaman PKI ini bahkan sampai menggugurkan nyawa seorang anak kecil, Ade Irma Suryani, putri jenderal  A.H. Nasution. Gerakan yang dipimpin DN. Aidit ini memiliki tujuan merubah Pancasila sebagai dasar negara menjadi Paham Komunis. Namun atas inisiatif panglima Kostrad pada waktu itu, yaitu Jenderal Soeharto, seesokan paginya pada tanggal 1 Oktober 1965 Gerakan 30S PKI ini dapat dilumpuhkan. Pancasila yang mengalir dalam darah seluruh bangsa Indonesia membuktikan kesaktiannya, sampai saat ini pun Pancasila masih menjadi dasar negara kita. Namun sebagai bangsa Indonesia kita jangan lengah, karena pada masa sekarang paham-paham komunis bisa saja merusak bangsa kita dari segala arah, tidak harus melalui gerakan nyata atau peperangan, namun dapat berupa doktrin-doktrin halus melalui media sosial dan media eletronik. Dengan semangat peringatan Hari Kesaktian Pancasila mari kita tingkatkan kewaspadaan terhadap paham komunis demi anak cucu kita dimasa depan. NKRI harga mati selalu kita tanamkan tahun lalu, dan selalu dipancarkan dalam hati sanubari selain kewaspadaan terhadap paham-paham komunis merusak bangsa  baik doktrin-doktrin media sosial dan media elektronik tersebut disertai dengan pembacaan Ikrar dan doa pada pokoknya :

  1. Ikrar : Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, melakukan upacara dengan menyadari sepenuhnya pada kenyataan telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia dikarenakan kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara, sehingga membutuhkan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

Kesadaran Pengamalan nilai-nilai  rong-rongan dari luar dan dalam, kelengahan/kurang waspada serta semangat kebersamaan  dalam ideologi 5 (lima) sila merupakan sistem filsafah  pada hakekatnya kesatuan organik saling berikaitan satu sama lainnya karena saling berhubungan  bahkan saling mengkualifikasi  sebagai perkembangan  pandangan hidup dalam kehidupan bangsa Indonesia, sehingga dirumuskan secara cerdas oleh para pendiri  bangsa dan diangkat sebagai dasar kehidupan bernegara (Ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan). Adapun  jati diri  bangsa pada hakekatnya merupakan sistem nilai (value system)  yang berubah menjadi budaya bangsa  yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari sebagai cita-cita  bersama  (collectieve ideologie), pemikiran anak bangswan yang cemerlang, sebagai hasil renungan jiwa yang mendalam  yang dilakukan oleh the founding father (Ruslan Abdulgani), pengetahuan dan pengertian ilmiah sebagai hakekat Pancasila (Notonagoro). 

  1. Doá : Dalam Hadits Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, beliau bersabda: " Doa adalah inti (otak benak) ibadah (Riwayatnya dalam hadits marfu' dari Anas) dan atau sesungguhnya doa adalah ibadah." ( Hadits Riwayat Tirmidzi Dari Nu'man Ibnu Basyir Radliyallaahu 'anhu).

Di  hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sehingga do’anya berisi harapan agar Allah SWT memberikan kekuatan kepada Bangsa Indonesia dalam mengarungi tantangan di masa depan, kemerdekaan dan kebebasan berpendapat yang telah diberikan atas pengorbanan pahlawan dimasa lalu, yang dalam doa ini kami mohonkan pengampunan atas dosa-dosa mereka yang telah gugur dalam memperjuangkan Pancasila agar tetap menjadi dasar negara Indonesia. Menjadikan hari Peringatan ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan, menjauhkan bangsa ini dari perselisihan dan perpecahan. Semoga Allah SWT melimpahkan karunia-Nya baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Memantapkan tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, makmur, adil dan sejahtera, Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com 

Communication email blue icon Email Delegasi/Tabayun: kepaniteraan.paska@gmail.com

website : https://www.pa-surakarta.go.id/

Peta Lokasi

Website ramah disabilitas

modals