pasurakarta

Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Selamat Datang di Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Layanan Digital Pengadilan Agama

Layanan Pengadilan Agama dalam genggaman Anda
Layanan Digital Pengadilan Agama

Penuhi Hak Anda

Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, dapat merugikan diri sendiri.
Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, tidak mempercepat proses perkara.
Penuhi Hak Anda

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Bagi Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lain untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan secara online (E-Litigasi).
e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

ADIPASKA

Inovasi Layanan Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta
ADIPASKA
 

------------------------------ INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA SURAKARTA -------------------------

Icon Menu

  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara serta menampilkan status persidangan yang sedang berlangsung.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Budaya Kerja | 5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

 

Analysis

 


Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PA Surakarta Dinilai Tim Koordinator

 

Surakarta | pa-surakarta.go.idSelasa (4/6/2013)

Dalam suasana mendung yang diiringi hujan rintik-rintik, Senin (3/6/2013) Pengadilan Agama (PA) Surakarta mendapat giliran pertama untuk dinilai oleh Tim Penilai Tingkat Koordinator Pengadilan Agama (PA) Wilayah VI Surakarta. Penilaian meliputi bidang administrasi perkara atau yang dikenal dengan istilah bindalmin, teknologi informasi dan kebersihan.

Dari 7 PA Se-Koordinator Wilayah VI Surakarta, Tim Penilai akan menentukan juara I, II dan III. Selanjutnya juara I akan mewakili koordinator untuk dilombakan tingkat Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Semarang. Kegiatan lomba ini diselenggarakan oleh PTA Semarang dalam rangka memeringati Ulang Tahun Mahkamah Agung RI Ke-67. Dengan perlombaan, PA-PA diharapkan ber-fastabiqul khoirat (berlomba-lomba dalam kebaikan) guna meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat pencari keadilan.

 

Bidang Bindalmin

Tim Penilai bidang ini terdiri dari Drs. Heru Marsono, SH., MH. (Ketua / Hakim PA Sragen), Drs. Munjid Lughowi (Hakim PA Sukoharjo) dan Edy Iskandar, SH., MH. (Pan/Sek. PA Klaten). Panitera Muda Hukum PA Surakarta, H. Wasalam, SH. optimis, PA tertua di Indonesia ini akan mendapatkan nilai yang tinggi di bidang bindalmin, karena pada 29-30 Mei 2013 yang lalu, Tim Pemeriksaan PTA Semarang menyatakan bahwa PA Surakarta sudah baik. Hanya sedikit ditemukan kekurangannya.

Pada expose hasil pemeriksaan saat itu, Panitera Muda Banding PTA Semarang, Fakhrur, SHI., sempat berkelakar, “Biasanya di sana-sana saya tidur sampai jam 1-2 malam, tapi tadi malam saya tidur jam 10. Ini karena di PA Surakarta tidak banyak ditemukan masalah”.

 

Bidang Teknologi Informasi (IT)

Tim Penilai bidang ini terdiri dari Drs. H. Ma’muri, SH., MH. (Ketua PA Surakarta), Drs. Moh. Bambang Hidayat, MH. (Hakim PA Boyolali) dan Wahyu Puji Laksono, S.Kom. (Staf PA Klaten). Penilaian mencakup kelengkapan menu website, Sistem Informasi Administrasi Perkara Pengadilan Agama (SIADPA), Touchscreen dan TV media.

Ditunjuknya Ketua PA Surakarta sebagai Ketua Tim IT menunjukkan kemajuan PA Surakarta di bidang IT. Meskipun baru menjabat Ketua PA selama 6 bulan, Drs. H. Ma’muri, SH., MH. memberikan perhatian serius terhadap IT. Ia meminta Tim IT untuk mempublikasikan semua kegiatan kantor di website sebagai wujud pertanggungjawaban kepada publik. Ia juga mendorong para hakim dan pegawai untuk aktif memanfaatkan SIADPA.

 

Bidang Kebersihan

Tim Penilai ini terdiri Dra. Hj. Andi Muliani Hasyim, SH., MH., MSI. (Ketua PA Boyolali), Dra. Hj. Emi Suyati (Hakim PA Karanganyar) dan Dra. Djumanah (Pan/Sek PA Wonogiri). Ketiga ibu ini menyisir semua tempat di lingkungan PA Surakarta untuk mengecek kebersihannya.

Tempat pertama yang menjadi sorotan Tim Penilai adalah lantai dasar. “Jangan mulai dari ruang Pak Ketua, pasti dijamin bersihnya. Kita lihat bagian bawah seperti ini,” ujar Ketua PA Boyolali kepada dua rekannya.

Bagian bawah yang dimaksud meliputi tempat parkir, dapur, toilet, gudang dan ruang security. Tanpa merasa risih, Tim Penilai masuk ke dalam toilet dan ternyata tempat itu bersih, tidak pesing dan disediakan sabun cuci tangan.

Dari lantai dasar, Tim Penilai naik ke lantai satu yang terdiri dari ruang sidang, tempat kepaniteraan, mushola, ruang IT dan ruang tunggu. Di lantai satu inilah berkumpulnya masyarakat pencari keadilan. Tanpa malu, Tim Penilai duduk di tengah-tengah masyarakat untuk merasakan kenyamanan sebagai pihak beperkara di PA Surakarta.

Pimpinan PA Surakarta menyadari bahwa masyarakat yang datang ke kantor kebanyakan adalah orang-orang yang mempunyai masalah, karena itu harus dilayani dengan cara yang baik dan disediakan ruang tunggu yang nyaman dan tidak menjenuhkan. Di ruang tunggu disediakan air minum gratis, koran dan TV.

Lantai dua yang terdiri dari ruang Ketua, Wakil Ketua, Pan/Sek, para hakim, staf kesekretariatan, jurusita, perpustakaan dan ruang mediasi, tak luput dari pantauan Tim Penilai Kebersihan. Hampir dipastikan, di semua tempat yang dikunjungi Tim Penilai selalu bersih dan tersedia tempat sampah.

Seusai melakukan penilaian selama 3 jam di PA Surakarta, masih pada hari yang sama Tim Penilai melanjutkan penilaian ke PA Klaten dan PA Boyolali. Pada hari kedua (4/6/2013) penilaian dilakukan di PA Sukoharjo dan PA Wonogiri, dan pada hari terakhir (5/6/2013) di PA Karanganyar dan PA Sragen.

Berikut ini foto-foto penilaian lomba di PA Surakarta:

 

Tim Penilai memerhatikan ruang arsip yang bersih dan tertata rapi sehingga memudahkan untuk mencari arsip (Dok. PA Surakarta)

 

 

Tim Penilai berada di ruang IT (Dok. PA Surakarta)

 

Tim Penilai Kebersihan berpose di depan Information Desk (Dok.PA Surakarta)

 

 

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com 

Communication email blue icon Email Delegasi/Tabayun: kepaniteraan.paska@gmail.com

website : https://www.pa-surakarta.go.id/

Peta Lokasi

Website ramah disabilitas

modals