pasurakarta

Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Selamat Datang di Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Layanan Digital Pengadilan Agama

Layanan Pengadilan Agama dalam genggaman Anda
Layanan Digital Pengadilan Agama

Penuhi Hak Anda

Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, dapat merugikan diri sendiri.
Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, tidak mempercepat proses perkara.
Penuhi Hak Anda

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Bagi Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lain untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan secara online (E-Litigasi).
e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

ADIPASKA

Inovasi Layanan Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta
ADIPASKA
 

------------------------------ INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA SURAKARTA -------------------------

Icon Menu

  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara serta menampilkan status persidangan yang sedang berlangsung.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Budaya Kerja | 5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

 

Analysis

 


Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

PA SURAKARTA GELAR RAPAT EVALUASI PEMBANGUNAN ZI TAHUN 2020 DAN SEKALIGUS LAUNCHING APLIKASI DRIVE THRU

35AB3981 715D 4D12 9F8D B2D849681D54
Surakarta, (Jumat 17 April 2020) Tim Pembangunan Zona Integritas PA Surakarta melaksanakan rapat koordinasi di ruang sidang II pada pukul 09.00 WIB. Rapat ini untuk membahas evaluasi dokumen ZI tahub 2020 dan dilaksanakan sesuai protokol physical distancing. Adapun rapat ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh karyawan yang masuk dalam Tim Pembangunan Zona Integritas PA Surakarta.

0C72369F EF41 4FCA AF28 DD9FDD18307E
Sebelum memberikan pengarahan, Ketua PA Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengingatkan bahwa “WFH (Work From Home) itu artinya bukan liburan di rumah, tetapi bekerja dari rumah. Jadi Bapak/Ibu tetap harus bekerja sebagaimana mestinya untuk memenuhi beban kerja yang sudah disepakati dengan atasan langsung, kemudian yang dikerjakan dari rumah itu dilaporkan sesuai dengan format pelaporan yang ditentukan oleh Mahkamah Agung dan dikirim untuk diketahui pimpinan secara hierarki”, ingat Ketua.


Sedangkan terkait Pembangunan Zona Integritas, Ketua menyampaikan pengarahan bahwa “prinsip pelayanan kita jangan sampai hilang, harus ditanamkan dalam mindsite masing-masing pegawai prinsip bekerja dengan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dan melayani dengan 3S (Senyum, Salam dan Sapa). Kalau zaman dulu mindsite PNS itu justru yang harus apa-apa dilayani, sekarang wajib dibalik, kitalah yang harus melayani, karena memang tugas kita sebagai pelayan masyarakat dalam mensukseskan program-program pemeritahan”, tutur Ketua.

2B6455FD 0355 45B1 9159 5468F7F83C05
Ketua juga menegaskan bahwa setiap koordinator wajib menguasai materi dan sekaligus dapat menjadi figur percontohan Pembangunan Zona Integritas bagi anggota masing masing. Koordinator juga harus mengevaluasi bidangnya masing-masing secara periodik, sehingga perkembangan Pembangunan Zona Integritas dapat dipantu dengan baik.
Ketua menambahkan “Pengendalian grativikasi juga harus diperhatikan, audio peringatan larangan grativikasi harus dibunyikan tiap 1 jam sekali di ruang pelayanan publik, ini penting karena inti ZI selain pelayanan yang memuaskan adalah bersih dan bebas dari korupsi” tambah Ketua.

“Selain itu, guna menjamin kepuasan masyarakat, pegawai PTSP menawarkan kepada masyarakat untuk memberikan saran dan kritik membangun di kotak saran atau formulir riset yang sudah disediakan oleh area V, bila perlu dibuatkan audio, dengan begitu kita dapat terus menerus berbenah dalam melayani masyarakat”, saran Ketua.

Sementara itu, dalam arahannya, Wakil Ketua Drs. M. Danil, M.A. menyampaikan bahwa “untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, khususnya bagi akademisi maupun para peneliti dan wartawan, kita perlu me-link-kan data-data kuantitas perkara dari SIPP ke website, supaya mereka dengan mudah bila akan melakukan penelitian maupun merilis berita. Seperti ini merupakan salah satu bentuk inovasi yang bernilai, karena bersifat memudahkan layanan masyarakat. Saya juga mengajak Bapak/Ibu untuk giat literasi. Silakan menulis, nanti akan ditampilkan ke website untuk mengedukasi pada masyarakat melalui tulisan”, saran Wakil.

Wakil Ketua juga mengajak agar setiap kita selalu menjaga kekompakan dalam bekerja. Dengan kekompakan, kinerja kita akan terasa ringan.

Di akhir acara tersebut, Ketua PA Surakarta melaunching aplikasi layanan masyarakat yang dinamakan aplikasi “Drive Thru”. Itu semua sebagai wujud tanggung jawab PA Surakarta dalam upaya transparansi dan percepatan pelayanan kepada masyarakat. 

Aplikasi ini merupakan aplikasi original ke 2 yang ditemukan oleh PA Surakarta setelah aplikasi Simkerja. Berkat ide cemerlang Panitera Drs. Heryanta dan Admin IT Anang Ashari, S.Kom, maka terciptalah aplikasi ini. Berdasarkan penuturan Panitera PA Surakarta, bahwa aplikasi ini ditemukan karena dalam kondisi pandemi covid-19 seperti saat ini, kita dituntut harus menjaga social distancing, kemudian kondisi WFH yang mengurangi intensitas bekerja di kantor, sementara itu berkas perkara di kantor masih menumpuk. Untuk menanggulangi itu semua, maka terciptalah aplikasi Drive Thru.

Melalui aplikasi ini, para pihak dapat merencanakan pengambilan Akta Cerai yang sudah terbit. Setelah diberitahukan melalui Notifikasi SMS (putusan telah berkekuatan hukum tetap), para pihak dapat mengisi formulir melalui link yang dikirimkan (http://drivethru.pa-surakarta.go.id). Jika para pihak sudah mengisi, maka petugas pengadilan dapat menyiapkan Akta Cerai para pihak. Sehingga ketika pihak datang sesuai dengan tanggal dan jam yang telah diisi, Akta Cerai sudah siap untuk diambil. Dengan demikian, proses pelayanan lebih cepat dan efisien. (Adm/Yusron)

 

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com 

Communication email blue icon Email Delegasi/Tabayun: kepaniteraan.paska@gmail.com

website : https://www.pa-surakarta.go.id/

Peta Lokasi

Website ramah disabilitas

modals