pasurakarta

Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Selamat Datang di Zona Integritas, menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani
Anda Memasuki Wilayah Zona Integritas

Layanan Digital Pengadilan Agama

Layanan Pengadilan Agama dalam genggaman Anda
Layanan Digital Pengadilan Agama

Penuhi Hak Anda

Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, dapat merugikan diri sendiri.
Ketidakhadiran Anda dalam persidangan, tidak mempercepat proses perkara.
Penuhi Hak Anda

Sistem Informasi Pengawasan

Aplikasi yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI, untuk melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan dibawahnya.
Sistem Informasi Pengawasan

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan Bagi Pengguna Terdaftar dan Pengguna Lain untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan secara online (E-Litigasi).
e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

Layanan dan Prosedur Berperkara di Peradilan Agama Untuk Disabilitas

ADIPASKA

Inovasi Layanan Asisten Digital Pengadilan Agama Surakarta
ADIPASKA
 

------------------------------ INOVASI UNGGULAN PENGADILAN AGAMA SURAKARTA -------------------------

Icon Menu

  • Sistem Informasi Penelusuran Perkara

    Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

  • Jadwal Sidang

    Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara serta menampilkan status persidangan yang sedang berlangsung.

  • Delegasi

    Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan / Pemberitahuan Antar Pengadilan

  • Biaya Perkara

    Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

  • E Court

    Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

  • Siwas

    SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Surakarta | Media Informasi dan Transparansi Peradilan | Budaya Kerja | 5 RIN (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin, Indah dan Nyaman) 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

 

Analysis

 


Analysis

AnalysisTelusuri proses penyelesaian perkara Anda 

RAPAT PEMBINAAN, EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS DAN HALAL BI HALAL SYAWAL 1441 H

WhatsApp Image 2020 05 26 at 15.55.51 1

Surakarta, (Selasa, 26 Mei 2020) PA Surakarta membuka awal bulan syawal tahun 1441H dengan menggelar rapat pembinaan dan evaluasi pembangunan zona integritas yang dirangkai dengan acara halal bi halal di ruang sidang II pada pukul 09.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional, serta seluruh karyawan PA Surakarta.

Sebelum memberikan pengarahan, dalam kesempatan tersebut, secara institusional Ketua PA Surakarta Dr. Drs. Muhlas, S.H., M.H. mengucapkan permohonanmaafnya kepada seluruh aparatur sipil negara PA Surakarta, bila dalam kepemimpinannya terdapat tutur kata dan sikap yang kurang berkenan mohon untuk dimaafkan. Ketua juga mengatakan bahwa “semoga puasa Ramadhan selama 1 bulan yang lalu dapat melatih mental spiritual kita, dan harapannya dapat berbuah manis terhadap perilaku kita menjadi semakin baik setiap harinya, baik di kantor maupun di lingkungan masyarakat”, harap Ketua.

Untuk selanjutnya, Ketua memberikan masukan bahwa “dalam hal penanganan perkara kita harus memegang asas ius curia novit, untuk itu tidak ada alasan bagi Pengadilan menolak perkara karena tidak ada hukumnya. Setiap perkara yang masuk ke Pengadilan harus selesai, karena putusan Pengadilan itu yang akan dijadikan sebagai pegangan kepastian hukum bagi masyarakat yang bersengketa. Mengenai penyelesaian perkara, pertama harus mengedepankan legal formal, apabila secara legal formal tidak ditemukan kita harus menggali hukumnya di luar legal formal sejauh tidak melanggar asas.

Khususnya bagi Petugas PTSP sebagai ujung tombak penerima pengunjung/pencari keadilan harus betul-betul bisa menjaga sikap. Selalu terapkan prinsip 3S (senyum, salam dan sapa) dalam memberikan pelayanan. Apabila menemukan kendala dalam menghadapi para pencari keadilan terkait perkara, maka harus dikonsultasikan kepada atasannya secara hierarki. Bilamana atasannya tidak bisa memberikan jawaban, nanti dapat didiskusikan dalam acara diskusi hukum melalui forum coffee morning”, tambah Ketua.

“Sedangkan untuk meningkatkan kualitas kerja, Hakim Pengawas Bidang di bawah koordinasi Wakil Ketua, saya harapkan untuk terus bekerja sebaik mungkin. Karena dalam pengawasan Bapak/Ibu, para pejabat kita akan terus menerus memperbaiki kinerjanya. Untuk itu tugas ini cukup vital sebagai penggerak. Saya juga berharap unsur pimpinan dapat menjadi contoh dalam bekerja maupun beretika baik di lingkungan kantor maupun di masyarakat. Sebagaimana pepatah Jawa yang mengatakan ing ngarso sung tuladha, yang didepan atau seorang pemimpin harus mampu menjadi suri tauladan bagi orang – orang disekitarnya. Ing madya mangun karso, yang di tengah harus mampu membangkitkan atau menggugah semangat dan motivasi.  Tut wuri handayani, sedangkan yang di belakang harus mampu memberikan dorongan moral, agar orang – orang disekitarnya dapat merasakan situasi yang baik dan bersahabat. Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi instansi dan bermanfaat bagi masyarakat” tutup Ketua.

Sementara itu masih dalam acara yang sama, Wakil Ketua sebagai Ketua Pembangunan Zona Integritas PA Surakarta Drs. M. Danil, M.A. menyampaikan evaluasi bahwa “mengingat gedung kita ini sangat terbatas, kita harus pandai-pandai mengatur ruangan. Meski gedungnya kecil, tapi kalau kita cerdas dalam hal penataan ruang, gedung kita akan terlihat bersih dan rapi, sehingga masyarakat pencari keadilan yang berkunjung ke PA Surakarta akan sedikit lega. Kita perlu menyadari, masyarakat pencari keadilan yang berkunjung ke PA Surakarta pada umumnya adalah orang susah, penuh dengan masalah, untuk itu kita sebisa mungkin dapat melayaninya dengan hati yang tulus dan bahagia, dengan fasilitas ruangan yang bersih dan rapi, agar sedikit banyak bisa mengobati kepenatan yang ada di dalam fikiranya” ungkap Ketua Pembangunan Zona Integritas.

“Para pejabat terkait harus bertindak secara aktif dan responsive apabila terdapat fasilitas yang rusak, perlu perawatan atau terdapat data-data yang harus segera diupdate terkait adanya penambahan pegawai. Ini penting, karena sekarang eranya transparansi, semua dapat diakses masyarakat. Jangan sampai terdapat data yang disuguhkan ke masyarakat akan tetapi datanya daluwarsa. Selain itu, guna meningkatkan kualitas pengetahuan kinerja, baik para Hakim, Pejabat Struktural/Fungsional, maupun karyawan lainnya, saya mengajak Bapak/Ibu sekalian untuk kembali membuka referensi di perpustakaan supaya wawasan kita terus berkembang dan semakin lihai dalam menyelesaikan berbagai problematika” ajak Wakil Ketua.

Sebagai penutup acara, seluruh aparatur Pengadilan Agama Surakarta saling bermaafan, kemudian diakhiri dengan acara makan siang bersama. Dalam season tersebut, Ketua PA Surakarta memotong tumpeng untuk diberikan kepada H. Zubaidi, S.H. Hakim senior PA Surakarta, sebagai apresiasi yang akan memasuki masa purna bhakti pada bulan Juni yang akan datang. Selamat jalan Pak H. Zubaidi, S.H., setelah sekian lama mengabdi untuk negeri, kini saatnya melanjutkan berkarya untuk masyarakat. (ADM/Yusron)

 

WhatsApp Image 2020 05 26 at 15.57.04

sebelum dimulai makan siang, Drs. H. Qomaruddin Hakim Senior PA Surakarta memimpin doa bersama

 

WhatsApp Image 2020 05 26 at 15.55.51

Ketua PA Surakarta secara simbolis memberikan potongan tumpeng kepada H. Zubaidi, S.H. sebagai apresiasinya pengabdian terhadap negara

 

WhatsApp Image 2020 05 26 at 15.55.50 1

Aparatur Pengadilan Agama Suarakarta sedang mengantri mengambil hidangan makan siang

 

WhatsApp Image 2020 05 26 at 15.55.50

sajian menu makan siang Halal bi Halal berupa lontong opor ayam dan nasi urap khas Surakarta Hadiningrat, makk nyuuss hehehe

 Aplikasi Pendukung di Lingkungan Peradilan Agama

       

       

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Surakarta

location icon 1 Jalan Veteran No. 273 Surakarta 57155

location icon Surakarta - Jawa Tengah

phone icon Telp: (0271) 636270

Fax icon Fax: (0271) 643643

Communication email blue icon Email : pasurakarta@gmail.com 

Communication email blue icon Email Delegasi/Tabayun: kepaniteraan.paska@gmail.com

website : https://www.pa-surakarta.go.id/

Peta Lokasi

Website ramah disabilitas

modals